STRES AKADEMIK MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA KAMPUS KOTA MADIUN
Abstract
Abstract: This study aims to obtain an overview of academic stress levels among students of UKWMS Madiun due to online learning during Covid-19 pandemic. The research method used in this study is descriptive quantitative method, with data collection technique using questionnaire in the form of scale. The population of this study were all 777 active students of UKWMS Madiun in the academic year of 2020/2021. The research samples of this study were 220 students, determined by using Isaac and Michael table. The results of this study showed that stress levels among UKWMS Madiun students are 47% experienced mild academic stress, 50% experienced moderate academic stress, and 3% experienced severe academic stress.
Keywords: academic stress, online learning, covid-19 pandemic
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tingkat stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19 di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan alat pengumpul data berupa angket berbentuk skala. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa UKWMS Kampus Madiun yang aktif pada semester genap 2020/2021 sebanyak 777 mahasiswa. Dengan menggunakan tabel Isaac and Michael jumlah sampel ditentukan sebesar 220. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran tingkat stres akademik mahasiswa UKWMS Kampus Kota Madiun dalam pembelajaran daring selama masa pandemi adalah kategori ringan 47%, kategori sedang 50%, kategori berat 3%.
Kata kunci : stres akademik, pembelajaran daring, pandemi covid-19
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Alvin. (2007). Stres Akademik. Jakarta: PT Raja.
Andiarna, F & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, Volume 16 Nomor 2, Desember 2020 (139-149). Surabaya : Fakultas Psikologi UIN Sunan Ampel
Atziza, R. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stres dalam Pendidikan Kedokteran. Jurnal Agromedicine, 2(3), 317–320
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5, 143. https://doi.org/10.29210/119800
Gunadha, R., & Rahmayunita, H. (2020). Kuliah Online saat Corona Picu Ketimpangan Akses Bagi Mahasiswa Miskin.
https://www.suara.com/news/2020/04/16/130712/kuliah-online-saat-corona-picu-ketimpangan-akses-bagi-mahasiswa-miskin
Hardjana, Agus M. 1994. Stres Tanpa Distres: Seni Mengolah Stres. Yogyakarta: Kanisius.
Hasanah, U, dkk.(2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Keperawatan Jiwa. Vol.8, No. 13. Agustus 2020. h. 299-306. Semarang : Fikkes Universitas Muhamaddiyah
Kompas.(2020). Hambatan dan Solusi Belajar dari Rumah. https://muda.kompas.id/baca/2020/04/10/hambatan-dan-solusi-saat-belajar-daring-dari-rumah/
Mustofa dkk. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id. Walisongo Jurnal of Information Technologi, 1(2), 151-160.
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155–165. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nizam. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring untuk Merdeka Belajar. In Webinar 9 Mei
Nurgiyantoro, B, dkk. (2005). Statistik Terapan untuk Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogjakarta : Gadjah Mada University Press
Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(3), 10.
Semiun, Y.(2006). Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Sugiyono. (2019) . Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan). Bandung : Alfbeta.
DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v8i2.15210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.