BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENANAMKAN SOLIDARITAS PADA PESERTA DIDIK

Jihan Sephiani Juhaena

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis keefektifan peran bimbingan kelompok teknik role playing (bermain peran) untuk menanamkan solidaritas pada peserta didik dengan menggunakan metode penelitian berupa Literatur Review sebagai pembanding serta bahan referensi dengan mengkaji jurnal yang berasal dari google scholar, skripsi dari google scholar dan buku yang berasal dari google book. Bimbingan kelompok teknik role playing merupakan pilihan yang tepat dalam mempererat hubungan sosial, peserta didik dapat berpikir sikap yang dimiliki haruskah dirubah atau dipertahankan. Sebab tanpa bantuan orang lain, peserta didik akan kesusahan mengevaluasi sikap serta nilai yang dimiliki. Telah dijelaskan pada kajian jurnal-jurnal terdahulu bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat berpengaruh dalam menanamkan dan meningkatkan rasa solidaritas pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK perlu memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing supaya peserta didik dapat memerankan, menirukan, membedakan mana peran tokoh yang perlu dicontoh atau tidak perlu dicontoh, ikut aktif berdiskusi, dan mampu mengembangkan menjadi tujuan perilaku solidaritas antar peserta didik yang diharapkan kedepannya.

Keywords


Bimbingan Kelompok; Role Playing; Solidaritas

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v9i2.16686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter