Hubungan antara Fanatisme dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Penggemar K-Pop

Sarini Ulfah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan fanatisme dan tingkat perilaku konsumtif pada remaja penggemar K-Pop di SMKN 1 Martapura (Kelas X dan IX) Jurusan Pemasaran. kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk melihat hubungan antara fanatisme (X) dengan perilaku konsumtif (Y) pada penggemar K-Pop. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengguanakan kuesioner dengan menggunakan Skala Likert perhitungan sampel menggunakan Teknik Non-Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 120 orang dengan sampel yang diambil 108 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala fanatisme dan skala perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil uji korelasi Product Moment dengan nilai Sig. 0,000 > 0,05 yang berarti adanya hubungan fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada remaja penggemar K-Pop di SMK Negeri 1 Martapura kelas 10 & 11 jurusan Pemasaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v9i2.18217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter