Kompetensi Komunkasi Lintas Budaya Pada Aspek Pengetahuan Siswa

Yani Sahendra, Harlina Harlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi komunikasi lintas budaya pada aspek pengetahuan siswa SMK Negeri 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data sekunder, data yang dikumpulkan menggunakan skala psikologis kompetensi komunikasi lintas budaya model Likert (Harlina, dkk., 2021). Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 262 siswa, penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin, dari perhitungan didapatkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 158 siswa yang dipilih secara acak dengan teknik sampel proportional random sampling. Teknik Analisa data menggunakan rumus persentase dengan program Microsoft Office Excel 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi komunikasi lintas budaya  pada aspek pengetahuan sebagai berikut, kategori sangat tinggi 22 siswa (14%), kategori tinggi 39 siswa (25%), kategori sedang 28 siswa (18%), kategori rendah 65 siswa  (41%), kategori sangat rendah 4 siswa (3%). Maka dapat disimpulkan bahwa seluruh responden SMK Negeri 6 Palembang menunjukan kompetensi komunikasi lintas budaya pada aspek pengetahuan berada pada kategori rendah.

Keywords


Aspek Pengetahuan, Kompetensi Komunikasi Lintas Budaya

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A., & Rachmijati, C. (2017). Aplikas pemahaman lintas budaya (crosscultural understanding) dalam pembelajaran speaking untuk mengatasi kecemasan berbicara (speaking anxiety) pada mahasiswa semester 2 program bahasa inggris STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. 04(02):32-39.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bahri, R., & Subhani. (2017). Komunikasi lintas budaya. Lhokseumawe: Unimal Press.

Byram, M. (2008). From Foreign Language Education to Education for Intercultural Citizenship: Essays and Reflections. Cromwell Press Ltd

Byram, M., dkk. (2003). Intercultural experience and education. Cromwell Press Ltd

Creswell, J., W. (2017). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fida, W., N. (2020). Pengantar komunikasi lintas budaya. Yogyakarta: Budi Utama.

Hunafa, R., H. (2015). Kompetensi komunikasi antarbudaya mahasiswa asal Pontianak di kota bandung dalam beradaptasi dengan lingkungan sunda. Bandung.

Juliansyah, D., R. (2021). Tingkat agresivitas siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Muara Pinang

Tahun 2020/2021. Skripsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya. Kusuma, A. (2012). Pegantar komunikasi antara budaya.

Liliweri, A. (2009). Prasangka dan konflik komunikasi lintas budaya masyarakat multikultural. Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang.

Lubis, F., K. (2013). Menerapkan pemahaman lintas dalam pendidikan. Skripsi. Medan: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.

Luthfia, A. (2014). Pentingnya kesadaran antarabudaya dan kompetensi komunikasi anatarabudaya dalam dunia kerja. Humaniora, Faculuty of economic and communication, BINUS University. 05(01):09-22.

Luthfia, A. (2012). Realitas kompetensi komunikasi antar budaya pada proses adaptasi pelajar Indonesia di luar negeri. Humaniora, Faculuty of economic and communication, BINUS University. 03(02):558-565.

Moulita. (2019). Kompetensi komunikasi antarabudaya siswa sekolah menegah atas. Simbolika FISIP USU. 05(010:23-34.

Mulyana, D. (2019). Komunikasi lintas budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, I., G. (2017). Pemahaman lintas budaya dalam kepariwisataan. Bali: Cakra Press. Samovar L., A. dkk. (2014). Komunikasi lintas budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Shoelhi, M. (2015). Komunikasi lintas budaya dalam dinamika komunikasi Internasional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiono, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Zubaidah, S. (2017). Pengaruh kompetensi komunikasi dan kecerdasaan emosional terhadap kinerja (studi kasus pada guru SMP Negeri sekecamatan Kemiri). Skripsi. Purworejo: Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo.




DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v6i1.18603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter