Pengaruh Pelatihan terhadap Pemahaman Materi Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realitas pada Guru Bimbingan dan Konseling

elsa elsa manora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan konseling kelompok terhadap pemahahaman Guru Bimbingan dan Konseling. Metode penelitian  yang digunakan adalah  metode  eksperimen  dengan  rancangan  pra  eksprimen  One  Group    Pretest-Post  test Design. Subjek penelitian penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling yang mengikuti pelatihan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan realitas pada pengabdian masyarakat dosen prodi bimbingan dan konseling. Adapun jumlahnya adalah 30 orang yang terdiri dari 16 orang guru bimbingan dan konseling SMP/MTS, dan 14 SMA/SMK di indralaya ogan ilir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes diberikan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t-tes (paired sample T tes). Hasil dari penelitian Skor rata rata pretest 14,5 dan standar deviasi 4,0 sedangkan skor rata rata pada post test 17,9 dengan standar deviasi 4,3. Hasil uji t diperoleh t hitung= -6,89. Hasil uji t hitung  yang diperoleh 6,89 lebih besar dari t tabel  2,04 dengan 0.00 < 0.05 dalam taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh pelatihan terhadap pemahaman materi konseling kelompok pada guru bimbingan dan konseling.


Keywords


Pelatihan,Pemahaman,Konseling Kelompok, Pendekatan Realitas

Full Text:

PDF

References


Afiatin, T., Subandi, & Haryanto. (2000). Efektivitas Pelatihan Program Kelompok Aji pada Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Psikologi, 1, 23–36.

Arikunto Suharsimi. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). (Jakarta: BumiAksara, 200)

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor Dan Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal.

Fiah, Rifda El, dan Ice Anggralisa. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MAN Krui Lampung Barat,” 3, no. 2 (2015): 1–12.

Gerald, Corey. Theroy and Practice Counseling and Psychotherapy. Belmont: Thomson Books Cole, 2009. Gladding, Samuel T. Konseling: Profesi Yang Menyeluruh. Keenam. Jakarta: PT Indeks, 2015

Gladding, Samuel T. Konseling: Profesi Yang Menyeluruh. Keenam. Jakarta: PT Indeks, 2015. Gunawan, Imam & Palupi, A. . (2017). Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif: Kerangka

Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen. E-Journal Unipma, 7(1), 98–117

Hoiriyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. 7(1),123-136.

Ii, B. A. B., & Teoritik, A. K. (1960). Namora Lumongga Lubis, Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik , (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2011), Hal. 183. 23.

M. BurhanBungin.2010.Metode PenelitianKualitatif, (Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Varian Kontemporer), Jakarta: Rajawalipers

Maslikan, M. (2018). Keefektifan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Pemahaman Identitas Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 107–115.

Maslikan, 2018)Afiatin, T., Subandi, & Haryanto. (2000). Efektivitas Pelatihan Program Kelompok Aji pada Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Psikologi, 1, 23–36.

Mamat Supriatna, Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor, ( Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Nana Sudjana.1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom).Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Prayitno. 2004.Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil).Jakarta: Ghlmia Indonesia.

Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Renika Cipta: Jakarta.

Raharyanti, Anjar. “Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Pelajar Matematika Siswa Kelas X-9 di SMA Kemala Bhayangkari 1

Surabaya.”Unesa Jurnal Mahasiswa Biimbingan dan Konseling 4, no. 3 (2014): 478–86. Rangkuti, A. A. (2017). Statistik Inferensial Untuk Psikologi dan Pendidikan. Kencana Sudaryono.2012.Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Edisi Ketiga.Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v6i1.18670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter