Pengaruh Pelatihan terhadap Pemahaman Materi Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realitas pada Guru Bimbingan dan Konseling
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan konseling kelompok terhadap pemahahaman Guru Bimbingan dan Konseling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pra eksprimen One Group Pretest-Post test Design. Subjek penelitian penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling yang mengikuti pelatihan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan realitas pada pengabdian masyarakat dosen prodi bimbingan dan konseling. Adapun jumlahnya adalah 30 orang yang terdiri dari 16 orang guru bimbingan dan konseling SMP/MTS, dan 14 SMA/SMK di indralaya ogan ilir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes diberikan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t-tes (paired sample T tes). Hasil dari penelitian Skor rata rata pretest 14,5 dan standar deviasi 4,0 sedangkan skor rata rata pada post test 17,9 dengan standar deviasi 4,3. Hasil uji t diperoleh t hitung= -6,89. Hasil uji t hitung yang diperoleh 6,89 lebih besar dari t tabel 2,04 dengan 0.00 < 0.05 dalam taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh pelatihan terhadap pemahaman materi konseling kelompok pada guru bimbingan dan konseling.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiatin, T., Subandi, & Haryanto. (2000). Efektivitas Pelatihan Program Kelompok Aji pada Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Psikologi, 1, 23–36.
Arikunto Suharsimi. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). (Jakarta: BumiAksara, 200)
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor Dan Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal.
Fiah, Rifda El, dan Ice Anggralisa. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MAN Krui Lampung Barat,” 3, no. 2 (2015): 1–12.
Gerald, Corey. Theroy and Practice Counseling and Psychotherapy. Belmont: Thomson Books Cole, 2009. Gladding, Samuel T. Konseling: Profesi Yang Menyeluruh. Keenam. Jakarta: PT Indeks, 2015
Gladding, Samuel T. Konseling: Profesi Yang Menyeluruh. Keenam. Jakarta: PT Indeks, 2015. Gunawan, Imam & Palupi, A. . (2017). Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif: Kerangka
Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen. E-Journal Unipma, 7(1), 98–117
Hoiriyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. 7(1),123-136.
Ii, B. A. B., & Teoritik, A. K. (1960). Namora Lumongga Lubis, Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik , (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2011), Hal. 183. 23.
M. BurhanBungin.2010.Metode PenelitianKualitatif, (Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Varian Kontemporer), Jakarta: Rajawalipers
Maslikan, M. (2018). Keefektifan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Pemahaman Identitas Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 107–115.
Maslikan, 2018)Afiatin, T., Subandi, & Haryanto. (2000). Efektivitas Pelatihan Program Kelompok Aji pada Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Psikologi, 1, 23–36.
Mamat Supriatna, Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor, ( Jakarta: Rajawali Pers, 2011)
Nana Sudjana.1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom).Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Prayitno. 2004.Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil).Jakarta: Ghlmia Indonesia.
Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Renika Cipta: Jakarta.
Raharyanti, Anjar. “Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Pelajar Matematika Siswa Kelas X-9 di SMA Kemala Bhayangkari 1
Surabaya.”Unesa Jurnal Mahasiswa Biimbingan dan Konseling 4, no. 3 (2014): 478–86. Rangkuti, A. A. (2017). Statistik Inferensial Untuk Psikologi dan Pendidikan. Kencana Sudaryono.2012.Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Edisi Ketiga.Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v6i1.18670
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.