Sikap Guru BK Terhadap Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas
Abstract
Dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling, guru bimbingan dan konseling harus memiliki sikap positif terhadap layanan bimbingan konseling. Jika guru bimbingan konseling memiliki sikap positif maka akan melaksanakan layanan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sikap guru BK terhadap layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas. Dua puluh empat guru BK dilibatkan dalam studi ini. Kami menggunakan angket sikap guru BK terhadap layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas untuk mengumpulkan data dan penyebarannya melalui google form serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sikap guru BK terhadap layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas pada kategori positif 88%, dan kategori negatif 12%. Mengacu temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa guru BK memiliki sikap positif terhadap layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, H. “Penilaian Sikap Llmiah Dalam Pembelajaran Sains.” Jurnalpelangi Iimu, vol. 2, no.5, 2009, pp. 103–13, http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JPI/article/view/593/544.
Fahmi, Nasrina Nur, and Slamet Slamet. “Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Smk Negeri 1 Depok Sleman.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, vol. 13, no. 2, 2017, pp. 69–84, doi:10.14421/hisbah.2016.132-05.
Fitri, Egy Novita, and Marjohan. “Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa.” Jurnal Educatio, vol. 2, no. 2, 2016, pp. 19–23.
Hardiyanti, Kiki, et al. “Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 5 Muaro Jambi.” EduFisika, vol. 3, no. 02, 2018, pp. 1–12, doi:10.22437/edufisika.v3i02.4522.
Imro’atun, Siti. “Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, vol. 2, no. 2, 2017, pp. 50–57, doi:10.17977/um001v2i22017p050.
Khotimah, Fitriana Khusnul, et al. “Indonesian Journal of Guidance and Counseling.”
Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, vol. 5, no. 1,
, pp. 39–44.
Lumongga, Namora. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta:Kencana
Magrur, Ridha Yana, et al. “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, vol. 4, no. 1,
, pp. 53–60, doi:10.36709/bening.v4i1.10496.
Potabuga, Yodi Fitradi. “Pendekatan Realitas Dan Solution Focused.” Al-Tazkiah, vol. 9, no. 1,2020, pp. 40–55.
Rahmadi. “Pengantar Metodologi Penelitian.” Antasari Press, 2011.
Rani, Risma Kumara, et al. Nilai Karekter Tokoh Werkudara Dalam Konseling Pendekatan Realitas Untuk Menubuhkan Tanggung Jawab. no. 1, 2018, pp. 249–53.
Ristianti, Dina Hajja dan Irwan Fathurrochman.2020. Penilaian Konseling Kelompok.Bengkulu:Deepublish.
Riyanti, Istiqomah. Sikap Guru Kelas Terhadap Peserta Didik Autisme Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif Wilayah Kota Bekasi. 2018, pp. 10–37.
Sappaile, Baso Intang. “Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan
Kebudayaan, vol. 13, no. 66, 2007, p. 379, doi:10.24832/jpnk.v13i66.356.
Smith, Mardia Bin. “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, vol. 8, no. 1, 2011, pp. 22–32.
Sofah, Suharyat, Yayat. “Hubungan Antara Sikap Minat Latihan Dan Kepemimpinan.” Academia, vol.1, 2009, pp. 1–19.
Sumadi, A., and E. Sulistyawati. “Pengaruh Sikap, Motivasi, Dan Lingkungan Terhadap Niat Berwirausaha.” None, vol. 6, no. 2, 2017, p. 254696.
Tjandra, Elvi Anggraeni, and Siska Rosiani Tjandra. “Hubungan Antara Komponen Kognitif, Komponen Afektif Dan Komponen Perilaku Terhadap Sikap Konsumen Memanfaatkan Teknologi Internet.” Jurnal Manajemen, vol. XVII, no. 01, 2013, pp. 42–52,
http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_359518765570. pdf.
DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v6i2.18672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.