IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KESABARAN MAHASISWA
Abstract
Tidak semua hal di dunia ini akan sesuai dengan keinginan manusia. Adakalanya kesedihan dan kebahagiaan datang silih berganti. Hanya seorang manusia yang memiliki kesabaran yang dapat bertahan di jalan Allah swt. Dengan sabar, manusia akan memperoleh pahala yang sangat besar di sisi Allah swt. Penelitian ini mempunyai tujuan yakni untuk mengetahui bagaimana implementasi bimbingan kelompok berbasis al-qur’an untuk meningkatkan kesabaran mahasiswa. Pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif digunakan peneliti dalam penelitian ini. Mahasiswa Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam dengan jumlah sepuluh orang dipilih untuk menjadi subjek penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yakni teknik deskriptif kualitatif setelah melakukan pengumpulan data dengan teknik wawancara, dokumentasi serta observasi. Penelitian ini mendapatkan hasil yakni (1) implementasi dari bimbingan kelompok berbasis al-qur’an untuk meningkatkan kesabaran mahasiswa dilaksanakan dengan menggunakan lima tahapan yakni tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, penyimpulan, serta penutupan, dan (2) peningkatan terjadi pada kesabaran mahasiswa di mana mahasiswa telah dapat menahan diri dari keputusasaan, tenang, tidak mudah mengeluh, serta menganggap bahwa semuanya akan kembali kepada Allah swt.
Kata Kunci: Bimbingan kelompok berbasis al-qur’an, kesabaranKeywords
References
Abdussamad, Zuhchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press
Alamri, Nurdjana. 2015. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang. 1 (1). 1
Ernadewita dan Rosdialena. 2019. Sabar sebagai Terapi Kesehatan Mental. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat. 3 (1). 50-58
Jannah, Aiza Uzlifatul dan Aniek Wirastania. 2022. Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Talking Stick dalam Meningkatkan Kemampuan Berpendapat Siswa. Jurnal Teraputik. 6 (1). 1
Mawaddah, Sri. 2017. “Beut Ba’da Magrib’ Suatu Pembiasaan Bagi Anak-anak Belajar Al-qur’an. Jurnal Takammul. 6 (1). 97
Mutaqin, Mumu Zainal. 2022. Konsep Sabar dalam Belajar dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education. 3 (1). 2-5
Nurihsan, Achmad Juntika. 2005. Strategi Layanan Bimbingan & Konseling. Bandung: Refika Aditama
Pangesti, Dewi Ajeng, Heri Saptadi Ismanto, dan Agus Setiawan. 2020. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulation Games untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya Kelas XI SMK Mataram Semarang. Jurnal Empati. 7 (1). 58
Pitaloka, Diah Ayu, Supardi dan Tri Hartini. 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking Chips Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa SMP Negeri 2 Ungaran. Jurnal Suluh. 5 (1). 56
Raihanah. 2016. Konsep Sabar dalam Al-qur’an. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. 6 (1). 40
Sukino. 2018. Konsep Sabar dalam Al-qur’an dan Kontekstualisasinya dalam Tujuan Hidup Manusia melalui Pendidikan. Jurnal Ruhama. 1 (1). 66
Utami, Destiani Putri, Dwi Melliani, Fermim Niman Maolana, Fitriana Marliyanti & Asep Hidayat. 2021. Iklim Organisasi Kelurahan dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian. 1 (12). 2738
DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v10i1.20525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.