HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Ratna Sari Dewi

Abstract


Penelitian ini didasari oleh fenomena adanya mahasiswa yang menyalin tugas teman dalam pengerjaan tugas mandiri sebagai salah satu indikasi kurangnya kemandirian belajar. Hal ini diduga memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya dengan sampel sebanyak 105 mahasiswa dari jumlah populasi 145 mahasiswa dan sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dengan reliabilitas 0,916 (kemandirian belajar) dan 0,923 (kemampuan pemecahan masalah). Data dianalisa menggunakan Pearson Product Moment Correlation. Berdasarkan hasil penelitian terungkap terdapat hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah (r= 0,601). Implikasi hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan dalam pembuatan program layanan Bimbingan dan Konseling. 


Keywords


Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Anik, S. 2013. “Meningkatkan Self Management dalam Belajar Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII”. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, (Online), Vol. 2, No. 1, (journal.unnes.ac.id).

Cipta, G. 2003. Kiat Belajar di Perguruan Tinggi Edisi II. Jakarta: Grasindo.

Danang, J. 2013. “Bentuk dan Faktor Determinan Perilaku Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES)”. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, (Online), Vol. 2, No. 4, (journal.unnes.ac.id/)

Eti, N. 2011. Bimbingan Konseling & Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gie, T. L. 1995. Cara Belajar yang Efisien Jilid 2. Yogyakarta: Library.

Heppner, P. P., Witty, T. E. dan Dixon, W. A. 2004. “Problem Solving Appraisal and Human Adjustment: a Review of 20 Years of Research Using the Problem Solving Inventory”. The Counseling Psychologist, (Online), (http:tcp.sagepub.com/cgi/content/abstract/32/3/344./ 2/05/08)

Nurhadi, S. 2013. “Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi Master dan Penerapan Scaffolding”. Journal of Mathematics Education Research, (Online), Vol. 2, No. 2, (journal.unnes.ac.id)

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Stein, S. J. dan Book, H. E. Tanpa Tahun. Ledakan EQ: 15 Prinsip dasar kecerdasan emosional meraih sukses. Terjemahan oleh Rainy, Januarsari dan Murtanto. 2002. Bandung: Kaifa.

Sunarto dan Ny. B. Agung, H. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Scheidet. 2003. Self Direct Learning. (Online, http://www.nwrel.org/planning/report/self direct learning/index.php)




DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v10i1.21624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter