Eksplorasi Bakat Siswa dengan konsep Multi Intelligences dan Pelaksanaaan Layanan BK sebagai Upaya Pengembangan dan Pemeliharaannya di MTsN 1 Sijunjung

Rhahima Zakia, Wahidah Fitriani

Abstract


Penelitian ini mencakup 68 siswa berprestasi yang mengikuti tes bakat, dengan fokus pada identifikasi kecerdasan dominan mereka; metode penelitian melibatkan perencanaan dan pelaksanaan program bimbingan konseling individu, kelompok, dan konselor sebaya. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimalkan pengembangan bakat siswa melalui program bimbingan konseling di madrasah. Menurut hasil penelitian, mayoritas siswa memiliki kecerdasan interpersonal (82.34 persen), diikuti oleh kecerdasan kinestetik-musik (5.9 persen), kecerdasan spasial (4.4 persen), dan kecerdasan natural (1.6%). Program ini meningkatkan kepercayaan diri dan hubungan sosial siswa selain membantu mereka mengembangkan potensi mereka sesuai dengan jenis kecerdasan mereka.Penelitian ini menekankan bahwa guru BK harus mendapatkan pelatihan profesional, berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang inklusif, dan kolaborasi antara guru BK dan mata pelajaran lainnya untuk mendukung pengembangan bakat siswa secara menyeluruh. Hasilnya dapat digunakan untuk merancang program pendampingan yang lebih sesuai bagi siswa dengan berbagai jenis kecerdasan.

 


Keywords


eksplorasi bakat, multi intelligences, layanan bimbingan konseling

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v10i2.22890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter