• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 INDERALAYA KABUPATEN OGAN ILIR | Sophuan | Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling

    MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 INDERALAYA KABUPATEN OGAN ILIR

    Sophuan Sophuan

    Abstract


    Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh figur kepala sekolah sebagai pemimpin dan guru sebagai pendidik. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada SMP Negeri 1 Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir . Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, pembantu kepala sekolah dan guru. Hasil penelitiannya adalah: 1. Kepemimpinan kepala sekolah dalam perencanaan penyusunan program pendidikan telah dilakukan dengan baik, dengan  konsep perencanaan pendidikan yang mencakup: a. suatu rumusan rancangan kegiatan yang ditetapkan berdasarkan visi, misi dan tujuan pendidikan; b. memuat proses kegiatan untuk mencapai tujuan; c. merupakan alat kontrol; d. memuat rumusan hasil yang ingin dicapai; dan e. menyangkut masa depan proses pengembangan dan pembangunan pendidikan. 2. Kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan guru sangat efektif dengan mengatur tugas dan tanggung jawab kepala sekolah, mengatur jadwal kerja, menyelengarakan kegiatan ebta dan menghindari beberapa hal dalam kepemimpinannya. 3. Kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi guru dilakukan dengan: a. menetapkan sistem manajemen terbuka; b. menerapkan pembagian tugas dan tanggungjawab; c. menerapkan hubungan vertikal ke bawah; d. melakukan pemetaan program-program kegiatan; e. melakukan pengawasan; dan f. melakukan evaluasi. 4. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kesejahteraan guru dilakukan melalui pembinaan mental, moral, dan fisik guru serta dengan pemberian insentif diluar gaji, imbalan dan penghargaan.

     

    Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah,  Motivasi, Kerja Guru.

     




    DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i1.8086

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     


    Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
    diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
    Palembang-Indonesia
    Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
     
     
    Lisensi Creative Commons
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Flag Counter slot gacor hari ini

    slot

    diamond murah

    https://vouchergame.net