BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA SMK MENGHADAPI WAWANCARA KERJA

Khorido Hidayat, Rudianto Jati Widigdo

Abstract


Pendidikan menengah kejuruan merupakan pendidikan pada jenjang menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan. Dengan demikian siswa SMK merupakan siswa yang disiapkan untuk langsung ke dunia kerja, salah satu tahapan yang harus ia lewati dalam proses perekrutan kerja adalah wawancara kerja. Pada kenyataannya banyak siswa SMK yang masih mengalami kecemasan ketika menghadapi wawancara kerja. Menurut Prayitno (dalam Yuliandita 2015) bimbingan kelompok adalah suatu layanan Bimbingan dan Konseling yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Role Playing adalah sebuah teknik yang merupakan campuran antara terapi reflek terkondisi, teknik psikodrama, dan terapi peran tetap. Melalui bimbingan kelompok dengan teknik role play, siswa dapat mengalami secara nyata situasi yang akan terjadi pada saat siswa melakukan wawancara kerja sehingga siswa dapat mempelajari keterampilan-keterampilan baru yang pada akhirnya akan mengurangi kecemasan siswa menjelang wawancara kerja berlangsung.

 

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Role Playing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i1.8106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter