• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • TINGKAT REGULASI DIRI SISWA DI SEKOLAH KELAS X MEKATRONIKA SMKN SUMATERA SELATAN | Purwanda | Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling

    TINGKAT REGULASI DIRI SISWA DI SEKOLAH KELAS X MEKATRONIKA SMKN SUMATERA SELATAN

    Yogi Purwanda, Rahmi Sofah, Rani Mega Putri

    Abstract


    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat regulasi diri siswa di sekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 36 siswa dan sampel atau responden penelitian yaitu 36 siswa dengan menggunakan sampling jenuh.Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan 40 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan hitungan persentase. Aspek yang diukur dari regulasi diri siswa di sekolah, meliputi 3 aspek yaitu, pikiran, motivasi, dan prilaku. Hasil analisis data menunjukan bahwa tingkat regulasi diri siswa di sekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan, 25% dalam katagori sangat tinggi (ST), 61% dalam katagori tinggi  (T). 8% dalam kategori sedang (S). Dan 6% dalam kategori rendah (R).


    Keywords


    Regulasi diri

    Full Text:

    PDF

    References


    Anurrahman. (2014). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

    Kusaeri & Mulhamah Umi Nida. (2016). Kemampuan Regulasi Diri Siswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Matematika. No.1 2016 31-42.

    Sa’id Musthofa Abu (2015). Mendidik Remaja Nakal. Yogyakarta: Semesta Hikmah.

    Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

    Friskilia S, Octheria & Winata Hendri (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Vol 1. No 2. (2018) 37-44.

    Rahman Agus Abdul. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i2.8475

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     


    Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
    diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
    Palembang-Indonesia
    Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
     
     
    Lisensi Creative Commons
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Flag Counter slot gacor hari ini