• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • KEEFEKTIFAN ADLERIAN PLAY COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA DI SEKOLAH INKLUSI | Agustriyana | Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling

    KEEFEKTIFAN ADLERIAN PLAY COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA DI SEKOLAH INKLUSI

    Nur Astuti Agustriyana, Ariesza Puspita Rani

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Adlerian Play Counseling dalam meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yaitu BM, DW dan NU yang berusia antara dua belas sampai empat belas tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan satuan ukur frekuensi. Penelitian ini menggunakan single-case experimental design dengan format perlakuan ABA withdrawal dengan pola multiple baseline across subject. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis visual inspection untuk melihat perubahan dan membandingkan efektivitas perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat. Pada subjek BM terjadi kenaikan frekuensi pada kondisi follow up sebesar 9 dan subjek DW dan NU kenaikan frekuensi sebesar 6.


    Keywords


    Inclusion, Ability to express opinions, Adlerian Play Counseling

    Full Text:

    PDF

    References


    Aslinia, S. D., Rasheed, M., & Simpson, C. 2011. Individual Psychology (Adlerian) Applied to International Collectivist Cultures:Compatibility, Effectiveness, and Impact. Journal for International Counselor Education. (3) 1-12

    Berhanu & Tesfaye. 2014. Imlproving Students Participation in Active Learning Methods: Group Discussions, Presentations And Demontrations: Acase of Madda Walabu University Second Year Tourism Management Students of 2014. Jurnal of Education and Practice, 6(22). 1-10

    Catugno, Albert. 2009. Group Interventions for Children with Autism Spectrum Disorders A Focus on Social Competency and Social Skills. London: Jessica Kingsley Publishers

    Chan & Yuen. 2015. Inclusive Education In An International School: A Case Study From Hong Kong. International Journal of Special Education. 30(3)

    Corey, Gerald. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama

    Colliver, J. 2000. Effectiveness of Problem Based Learning Curricula, Academic Medicine. Journal, (25)

    Cornish & Ross. 2004. Social Skills Training for Adolescents with General Moderate Learning Difficulties. London: Jessica Kingsley Publishers

    Diahwati, Rina. 2016. Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal pendidikan. 1(8). 1612-1620

    Fatimah. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Debat Aktif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Jurnal Bimbingan dan konseling Universitas Negeri Jogyakarta, 1(2) 1-17

    Homeyer & Morrison. 2008. Play Therapy. American Journal of Play. 210-228

    James. 2008. Crisis Intervention Strategies (6th Edition). California: books/ Cole.

    Koster, Marloeset. 2010. Social Participation of Students with Special Needs in Regular Primary Education in the Netherlands. International Journal of Disability, Development and Educaton.59-75

    Matson, J. L. 2000. Social Behavior and Skill in Children. New York: Baton Rouge.

    Meany,et al. 2014. Effect of Adlerian Play Therapy on Reducing Student’s Discruptive Behaviors. Journal of Counseling & Development. Asca 92

    ---------------.2016. Adlerian Play Therapy with Students with Externalizing behaviors and Poor Social Skills. International Journal of Play Therapy, 25(2) 64-77

    Meany & Kottman. 2016. Partners in Play third edition. Alexandria: American Counseling Association.

    Nejad & Davoudi. 2016. The Relationship between Social Skills & Enterpreneurial Skills among High School Students in District 2 Zanjan, Iran. International Journal of Scientific Manajement and Development. 4(3).76-79

    Ramadhani, Fitri. 2010. Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat dengan Menggunakan Teknik Asertive Training. Jurnal FKIP Universitas Lampung, 1(1) 1-14

    Santrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan. Terjemahan oleh Wibowo. Jakarta: Kencana.

    Yuniarti & Mardiyati. 2012. Bimbingan Belajar Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Keberanian Mengemukakan Pendapat di dalam Kelas. Jurnal FKIP UNS, 2(1) 2012

    Zhang & Wheeler. 2011. A Meta Analysis of Peer-Mediated Interventions for Young Children with Autism Spectrum Disorders. Education and Training in Autism and Developmental Disabilities. 46(1) 62-77




    DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i2.8476

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     


    Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
    diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
    Palembang-Indonesia
    Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
     
     
    Lisensi Creative Commons
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Flag Counter