MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui layanan klasikal dengan menggunakan video audi visual pada siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK,) dengan subjek penelitian siswa 33 orang siswa, terdiri dari laki-laki 19 orang dan perempuan 14 orang. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri dari empat fase yaitu planning, action, observation dan reflection. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis yang dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual memberikan peningkatan terhadap keaktifan belajar siswa. Sebelum tindakan tidak ada siswa yang masuk kategori sangat aktif. Setelah diberikan tindakan siswa relatif masuk kategori sangat aktif dan aktif. Dengan menggunakan media video memungkinkan siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami materi layanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief S, Sadiman, Rahardjo, Anung Haryono, 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajagrafindo.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) 2007. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam jalur Pendidikan Formal. Jakarta : ABKIN
Hamdani. 2012. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung : CV Pustaka Setia.
Hidayat, Dede Rahmad dan Aip Badruddin. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Indeks
Prayitno, Erman Amti. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Ramli, Dkk. 2017. Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling (Sumber Belajar PLPG 2017 Mata Pelajaran Bimbingan dan Konseling) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.
Syaiful Bahri, Djamarah dan Aswan Zain. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Tohirin. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Grafindo Persada.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.
DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i2.8477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.