MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG

Rahmi Sofah, Nurul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui layanan klasikal dengan menggunakan video audi visual pada siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK,) dengan subjek penelitian siswa 33 orang siswa,  terdiri dari laki-laki 19 orang dan perempuan 14 orang. Adapun tahapan dalam penelitian ini   terdiri dari empat fase yaitu planning, action, observation dan reflection. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis yang dilakukan  dengan menggunakan deskriptif  kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual memberikan peningkatan terhadap keaktifan belajar siswa. Sebelum tindakan tidak ada siswa yang masuk kategori sangat aktif. Setelah diberikan tindakan siswa relatif masuk kategori sangat aktif dan aktif. Dengan menggunakan media video memungkinkan siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami materi layanan.


Keywords


Keaktifan Belajar, Bimbingan Klasikal, Audio Visual

Full Text:

PDF

References


Arief S, Sadiman, Rahardjo, Anung Haryono, 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajagrafindo.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) 2007. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam jalur Pendidikan Formal. Jakarta : ABKIN

Hamdani. 2012. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung : CV Pustaka Setia.

Hidayat, Dede Rahmad dan Aip Badruddin. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Indeks

Prayitno, Erman Amti. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramli, Dkk. 2017. Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling (Sumber Belajar PLPG 2017 Mata Pelajaran Bimbingan dan Konseling) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Syaiful Bahri, Djamarah dan Aswan Zain. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Tohirin. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i2.8477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter