TINGKAT KECEMASAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI PRESTASI AKADEMIK RENDAH DI KELAS X SMK NEGERI 4 PALEMBANG

Mukti Wijaya, Rahmi Sofah, Imron A Hakim

Abstract


The study was conducted with the aim to determine the level of learning anxiety of students who have low academic ability in class X Palembang N 4 SMK. This study uses a survey method with a quantitative approach. The population in this study were students who had low academic ability with a number of 85 and a sample or respondent of this study that was 85 students using purposive sampling. Date collection techniques use a percentage count. Aspects measured by learning anxiety in students who have low academic ability in class X of SMK N 4 Palembang, namely, physical, emotional, and mental or cognitive. The results of date analysis showed that the level of learning anxiety in students who had low academic ability in class X junior high school 4 Palembang, 35% in the very low category (SR), 49% in the low category (R), 16% in the high category (T), and 0% in the very high category (ST).


Keywords


Learning Anxiety

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Lembar Negara Republik Indonesia

Arikunto., Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saiffudin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darajat, Zakiyah. 1990. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Dona Fitri Annisa., Ifdhil. 2016. Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia) http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor. Diakses pada 10 September 2018

Gufron, M. Nur., Risnawati, Rini. 2014. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Greenberger., Padesky. 2004. Manajemen Pikiran: Metode Ampuh Menata Pikiran Untuk Mengata si Depresi, Kemarahan, Kecemasan, dan Perasaan Merusak Lainnya, Terjemahan. Bambang Margono. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Kartono, Kartini. 2001. Pathologi sosial 1. Bandung: Alumni.

Miramis. 2005. Faktor Timbulnya Kecemasan. Jakarta: Rineka Cipta

Nugroho, Taufan. 2011. Buku Ajar Obstetri untuk Mahasiswa Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika

Ridwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Safaria, Triantoro., Eka Saputra, Nofrans. 2012. Manajemen Emosi: Sebuah panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara.

Stuart., Sundeen. 1998. Buku Saku Keperawatan Jiwa, Terj Achir Yani. S. Jakarta: EGC.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Suryabrata, Sumadi. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group

Syamsuddin., Damayanti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Cipta Jaya

Wilding, Christine., Milne, Aileen. 2013. Cognitive Behavioural Therapy, Terjemahan. Ahmad Fuandy. Jakarta: PT. Indeks

Yusuf, Syamsu. 2009. Mental Hygine: Terapi Psikopiritual untuk Hidup Sehat Berkualitas. Bandung: Maestro.




DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v6i1.8515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter