• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • MANAJEMEN TRANSPORTASI :FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN MODA TERHADAP KINERJA ANGKUTAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN LRT (LIGHT RAIL TRANSIT) PADA MASYARAKAT KOTA PALEMBANG | Putra | JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA

    MANAJEMEN TRANSPORTASI :FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN MODA TERHADAP KINERJA ANGKUTAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN LRT (LIGHT RAIL TRANSIT) PADA MASYARAKAT KOTA PALEMBANG

    Alhadi Yan Putra

    Abstract


    ABSTRAK

     

    Tujuan penelitian untuk mengetahui berpengaruh langsung dan tidak langsung faktor-faktor pemilihan jasa transfortasi terhadap kinerja pelayanan melalui kualitas pelayanan LRT (Light Rail Transit) sebagai variabel intervening pada masyarakat kota Palembang.

    Desain penelitian ini yaitu untuk mengantisipasi berbagai perkembangan transportasi pada masyarakat kota palembang, diperlukan pengembangan transportasi lain (transmusi) dalam kota Palembang diperlukan juga pengembangan moda transportasi LRT (Light Rail Transit) mempunyai keunggulan diantaranya daya angkut untuk menarik minat penguna jasa angkutan, hemat energi dan ramah lingkungan, dengan perbedaan pelayanan tersebut menyebabkan beberapa poin antara lain mengenai penetapan tarif, penentuan kuota jumlah transportasi serta keamanan penumpang dalam perjalanan sampai tempat tujuan. Permasalahan dalam penelitian ini tingginya mobilitas kendaraan pribadi dan umum di dalam kota menyebabkan banyak permasalahan pengguna jalan raya lalulintas pada jam-jam  tertentu tingkat kepadatan penggunan moda. Transportasi umum berbasis rel menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi permasalahan kemacetan pada masyarakat kota Palembang. Kemacetan menjadi ciri khusus daerah perkotaan sedang berkembang. Moda transportasi LRT (Light Rail Transit) dipilih sebagai moda transit dalam pengembangan transportasi berbasis rel.

    Tahapan metode penelitian yaitu populasi dan sampel responden yang menggunakan jasa angkut ummu LRT (Light Rail Transit) pada masyarakat kota Palembang. Metode teknik sampling menggunakan accendental, teknik analisa data pengujian instrumen penelitian yaitu uji asumsi dasar, analisa data menggunakan analisis jalur (Path Analyze) dengan program SmartPLS. Responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu masyarakat kota Palembang yang menggunakan angkutan  LRT ((Light Rail Transit) dalam bentuk data primer

    Temuan penelitian  bahwa faktor-faktor pemilihan moda tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja angkutan umum sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh langsung  terhadap kualitas pelayanan LRT (Light Rail Transit) akan tetapi  melalui kualitas pelayanan LRT (Light Rail Transit) mampu  mediasi antara variabel faktor-faktor pemilihan moda terhadap kinerja angkutan umum LRT (Light Rail Transit) bahwa variabel kualitas pelayanan  merupakan variabel intervening/mediasi

    Keterbatasan penelitian dalam penelitian ini masalah yang diteliti memiliki ruang lingkup hanya pengunan jasa angkut LRT (Light Rail Transit) pada masyarakat kota saja dan  fokus pada variabel yang akan diteliti. 

    Originality/value yaitu kebaruan artikel ini fokus pada bahwa kualitas pelayanan LRT (Light Rail Transit) mampu  mediasi antara variabel faktor-faktor pemilihan moda terhadap kinerja angkutan umum   LRT (Light Rail Transit)


    Full Text:

    PDF PDF


    DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v18i3.13061

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.



    Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
    Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
    Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
    Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
    Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


    p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    View My Stats