Studi Pemetaan Sistematis: Strategi Employer Branding dalam Keberlanjutan Organisasi di Era VUCA

Salma Annisa

Abstract


Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity melanda dunia bisnis. Untuk dapat terus bertahan, setiap organisasi berlomba-lomba dalam mendapatkan talenta terbaik sebagai aset utama organisasi (the war for talent). Hal tersebut membuat tugas organisasi menarik calon talenta potensial menjadi lebih sulit dilakukan sehingga diperlukannya strategi employer branding sebagai keunggulan kompetitif yang dapat organisasi tawarkan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum hasil pemetaan sistematis kajian employer branding. Penelitian ini merupakan studi sekunder menggunakan metode systematic mapping study (SMS) Berdasarkan hasil pemetaan sistematis, tren publikasi atas kajian employer branding masih sedikit dilakukan. Publikasi employer branding baru dimulai dari 2011 dan memiliki tren tertinggi pada tahun 2021. Negara yang mendominasi publikasi adalah dari Eropa, yaitu Germany. Pendekatan yang paling banyak digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hal tersebut sesuai dengan fokus terbanyak yang diteliti, yaitu mengenai employer branding identification yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari employer branding dengan berbagai variabel lainnya. Jenis penelitian terbanyak yang diteliti adalah evaluation research dengan fokus terbayak adalah institusi karena mahasiswa tingkat akhir dianggap sebagai calon tenaga kerja potensial bagi setiap organisasi. Hasil penelitian pemetaan sistematis ini memberikan temuan bahwa penelitian mengenai konsep employer branding masih sangat perlu untuk dikembangkan. Penelitian dengan jenis phyloshopical research dan metode grounded theory masih sangat sedikit dilakukan. Dengan pentingnya konsep employer branding bagi keberlanjutan organisasi di masa depan, kajian mengenai employer branding tentu akan lebih banyak dan dikembangkan ke depannya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v19i3.15666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online