Pengaruh Strategi Diversifikasi Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Latar Belakang Pendidikan CEO Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2018

Ivan Gautama Putra, Irenius Dwinanto Bimo

Abstract


Tujuan penelitian – Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh diversifikasi terhadap kinerja keuangan perusahaan dan menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan CEO terhadap hubungan diversifikasi dengan kinerja keuangan perusahaan.

Desain/Metodologi/Pendekatan – Teknik sampel adalah purposive sampling method pada objek penelitian perusahaan manufaktur periode penelitian 2017-2018. Unit analisis sebanyak 75 perusahaan manufaktur dengan teknik analisis regresi linier berganda.

Temuan – Strategi Diversifikasi berpengaruh positif terhadap Kinerja Keuangan dan Latar Belakang Pendididikan CEO memoderasi pengaruh Strategi Diversifikasi terhadap variabel Kinerja Keuangan.

Keterbatasan penelitian – Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Diversifikasi berpengaruh terhadap Return On Equity atau Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2018 sebesar 19,8% sedangkan sisanya sebesar 80,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini seperti Corporate Governance, CSR, Karakteristik Eksekutif, dan Komite Audit.

Originality/value – Penelitian ini memberikan gambaran tentang kinerja keuangan yang terdapat dalam Ilmu Manajemen dengan menggunakan rasio-rasio keuangan.

Keywords: Strategi Diversifikasi, Return On Equity, Latar Belakang Pendidikan CEO.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i2.15684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats