Ketika cinta hadir: Pengaruh Brand Love terhadap EWOM dan Loyalitas Merek

Eko Mohammad Fitrianto, Welly Nailis, Suhartini Karim

Abstract


Tujuan penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand love terhadap EWOM dan Loyalitas merek. Konteks subjek pada penelitian ini adalah para pengguna smartphone yang telah menggunakan merek yang sama selama paling tidak dua tahun.


Desain/Metodologi/Pendekatan – Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan 100 orang responden yang eligible berpartisipasi melalui survey online.

 

Temuan – Hasil menunjukan bahwa brand love berpengaruh positif pada EWOM (?=0.467, t=4.829) dan Loyalitas merek (?=0.579, t=6190)

 

Keterbatasan penelitian – Penelitian ini baru membahas satu kategori produk yaitu smartphone dengan berbagai merek, sehingga belum dapat fokus untuk menguji pada satu buah merek. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan komunitas sebuah merek, dimana jumlah anggota yang terdaftar diketahui.


Originality/value – Penelititian ini menguji bagaimana pengaruh dari brand love terhadap EWOM dan loyalitas merek pada konteks pengguna smartphone.

Keywords: Brand love, EWOM, Loyalitas merek


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v19i2.15963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats