Digital Marketing dan Entrepreneurial Marketing dalam Mengoptimalkan Loyalitas Pelanggan: Peran Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi

Rina Susanti, Lidya Rizki Ananda, Engla Desnim Silvia

Abstract


 Tujuan penelitian – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan entrepreneurial marketing terhadap loyalitas pelanggan Rumah Bintang Bordir dan Sulaman melalui kepuasan sebagai mediator.

 

Desain/Metodologi/Pendekatan – Populasi adalah masyarakat kota Bukittinggi berusia 25-60 yang pernah berbelanja di Rumah Bintang Bordir dan Sulaman. Sampel berjumlah 100 pelanggan yang diambil melalui teknik sampel yaitu accidental sampling.

 

Temuan – Secara langsung variabel digital marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kepuasan pelanggan, variabel entrepreneurial marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kepuasan pelanggan, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan, entrepreneurial marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan. Secara tidak langsung variabel digital marketing berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan dan variabel entrepreneurial marketing berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan

 

Keterbatasan penelitian – Penelitian ini terbatas hanya pada variabel loyalitas pelanggan dan data penelitian diambil dari 1 UMKM Bordir dan Sulaman yang ada di Kota Bukittinggi. Sehingga, hasil penelitian belum dapat disimpulkan secara general.

 

Originalitas – Fokus penelitian terletak pada hubungan pengaruh digital marketing dan entrepreneurial marketing terhadap loyalitas pelanggan dan melihat bagaimana peran mediasi variabel kepuasan pelanggan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i3.16974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats