Digital Marketing dan Entrepreneurial Marketing dalam Mengoptimalkan Loyalitas Pelanggan: Peran Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi

Rina Susanti, Lidya Rizki Ananda, Engla Desnim Silvia

Abstract


 Tujuan penelitian – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan entrepreneurial marketing terhadap loyalitas pelanggan Rumah Bintang Bordir dan Sulaman melalui kepuasan sebagai mediator.

 

Desain/Metodologi/Pendekatan – Populasi adalah masyarakat kota Bukittinggi berusia 25-60 yang pernah berbelanja di Rumah Bintang Bordir dan Sulaman. Sampel berjumlah 100 pelanggan yang diambil melalui teknik sampel yaitu accidental sampling.

 

Temuan – Secara langsung variabel digital marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kepuasan pelanggan, variabel entrepreneurial marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kepuasan pelanggan, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan, entrepreneurial marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan. Secara tidak langsung variabel digital marketing berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan dan variabel entrepreneurial marketing berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan

 

Keterbatasan penelitian – Penelitian ini terbatas hanya pada variabel loyalitas pelanggan dan data penelitian diambil dari 1 UMKM Bordir dan Sulaman yang ada di Kota Bukittinggi. Sehingga, hasil penelitian belum dapat disimpulkan secara general.

 

Originalitas – Fokus penelitian terletak pada hubungan pengaruh digital marketing dan entrepreneurial marketing terhadap loyalitas pelanggan dan melihat bagaimana peran mediasi variabel kepuasan pelanggan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i3.16974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://biologi.ui.ac.id/products/mpo-slot/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online