• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction pada Konsumen Tokopedia di Kota Palembang | Albanna | JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA

    Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction pada Konsumen Tokopedia di Kota Palembang

    Muhammad Rifqi Albanna, Dessy Yunita, Nofiawaty Nofiawaty

    Abstract


    Tujuan penelitian – Penerapan e-service quality yang baik tentu akan berbanding lurus terhadap e-satisfaction yang dirasakan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction pada konsumen Tokopedia di kota Palembang baik secara simultan dan parsial serta mengetahui variabel e-service quality mana yang dominan berpengaruh.

     

    Desain/Metodologi/Pendekatan – Diawali dengan penentuan desain penelitian dan variabel yang yang telah diukur untuk menjawab pertanyaan pada rumusan masalah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan beberapa kriteria yang sebelumnya sudah ditetapkan. Untuk mengukur indikator variabel e-service quality (X) dan variabel e-satisfaction, dirancang instrumen penelitian menggunakan daftar pertanyaan terstruktur. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan aplikasi pengolahan data SPPS versi 26.

     

    Temuan – Dimensi X5 (personalization) yang memiliki indikator berupa pemberian promo bukanlah dimensi yang berpengaruh dominan terhadap e-satisfaction pada konsumen Tokopedia di kota Palembang.

     

    Keterbatasan penelitian – Penelitian ini perlu dipadukan dengan instrumen pengukuran kepuasan pelanggan lainnya.

     

    Originality/value – Penentuan dimensi-dimensi variabel X (e-service quality) pada penelitian ini merujuk pada research model yang telah disesuakan dalam konteks penelitian yang memiliki objek online retail.

     

    Keywords : Electronic Service Quality, Electronic Satisfaction, Tokopedia

     


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i3.18731

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.



    Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
    Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
    Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
    Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
    Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


    p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    View My Stats