Faktor yang Menentukan dan Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Analisis Pelumas Kendaraan Bermotor di Kota Palembang

Welly Nailis

Abstract


Pertumbuhan kendaraan bermotor berdampak terhadap pertumbuhan permintaan pada produk pelumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor menentukan dan mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan pelumas kendaraan bermotor di Kota Palembang. Adapun manfaatnya agar hasil penelitian ini, diharapkan dapat digunakan sebagai acuan bagi perusahaan pelumas dan yang terkait dalam meningkatkan keputusan dan kepuasan konsumen pelumas dengan memperhatikan faktor yang dianggap penting bagi konsumen dalam menggunakan pelumas kendaraan bermotornya. Rancangan penelitian dalam penelitian ini menggunakan riset eksploratori dan riset konklusif deskriptif dalam bentuk single cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 200 orang yang merupakan pengguna produk pelumas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor yang digunakan untuk mengelompokkan variabel-variabel berdasarkan kesamaannya. Hasil dari penelitian adalah terbentuk 6 faktor yaitu sebagai berikut : Kualitas dan Merek, Kepribadian dan Gaya Hidup, Promosi, Harga dan Diskon, Kebutuhan dan Keinginan, dan Referensi. Faktor-faktor tersebut dapat membantu perusahaan dalam merumuskan strategi pemasarannya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v14i3.3986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats