Pengaruh Pramuwisata dan Promosi Terhadap Kunjungan Wisatawan Kota Palembang

Muhammad Deni, Sri Winarni

Abstract


Tujuan penelitian – Penelitian bertujuan untuk menguji adakah hubungan yang positif dan signifikan antara pramuwisata dan promosi dengan kunjungan wisatawan ke kota Palembang.

Desain/Metodologi/Pendekatan – Populasi penelitian adalah jumlah pramuwisata dan wisatawan di kota Palembang. Sampel penelitian adalah berjumlah 36 responden. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan dokumen dengan berdasarkan data yang bersumber dari lokasi pariwisata dan dinas pariwista kota Palembang. Teknik analisis data menggunakan uji statistik metode analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS ver. 20.0.

Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel jumlah pramuwisata, pelayanan dan promosi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kunjungan wisatawan, sedangkan secara parsial variabel jumlah pramuwisata dan pelayananan memiliki hubungan negatif dan tidak signifikan terhadap jumlah wisatawan, hanya promosi yang memiliki hubungan positif namun tidak signifikan terhadap jumlah wisatawan.

Keterbatasan penelitian – Penelitian ini berfokus pada aspek pramuwisata dan promosi, yang merupakan bagian dari kegiatan promosi pariwisata. Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan melakukan pengujian pada variabel lain seperti kualitas layanan, sistem kerja, dan lain lain.
Originality/value –


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i1.5646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats