Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Palembang

Okta Riansyah, Reina Damayanti, Benny Usman, Andri Eko Putra

Abstract


Tujuan penelitian – Kualitas pelayanan sarana transportasi angkutan umum di kota Palembang saat ini belum memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga dibutuhkan penataan sistem transportasi dan pelayanan angkutan umum secara terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas pelayanan angkutan umum (transmusi) yang disediakan melalui kinerja terhadap kepuasan masyarakat.

Desain/Metodologi/Pendekatan – Teknik analisis jalur digunakan untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang terjadi pada regresi berganda. Jika variabel-variabel bebasnya mempengaruhi   variabel terikat secara langsung akan tetapi juga berpengaruh secara tidak langsung dalam penelitian ini menggunakan variabel intervening.

Temuan – Hasil pengujian untuk variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja, untuk variabel kinerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan masyarakat, untuk variabel kualitas pelayanan berpengaruh langsung yang terhadap variabel kepuasan masyarakat, sedangkan untuk variabel kualitas pelayanan melalui kinerja terhadap kepuasan masyarakat memiliki pengaruh tidak langsung, hasil pengujian persamaan substruktur menunjukan maka  pengaruh langsung ditambah pengaruh tidak langsung adalah pengaruh total, sehingga diperoleh hasil dapat disimpulkan bahwa kinerja merupakan variabel (intervening atau itermediary).

Keterbatasan penelitian – Fokus penelitian ini adalah pengguna angkutan umum Transmusi di kota Palembang. Perbedaan preferensi pada setiap daerah mungkin saja terjadi, sehingga penelitian lanjutan dapat dilakukan pada beberapa bagian daerah atau kabupaten lain yang juga menerapkan angkutan umum terpadu, seperti: Kabupaten Kayu Agung, Ogan Ilir, Prabumulih, serta Sekayu.

Originality/value – Penelitian ini mencoba memberikan gambaran yang utuh tentang dimensi kualitas layanan serta pengaruhnya pada kepuasan masyarakat terkait layanan transportasi umum terpadu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i1.5647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats