Faktor-Faktor yang Membedakan Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Dalam Kota (Studi Kasus Angkutan Umum Konvensional dan Berbasis Online)

Aslamia Rosa, Ahmad Widad

Abstract


Tujuan – Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya fenomena dalam masyarakat Kota Palembang yang disuguhi pelayanan transportasi umum berbasis online. Seiring dengan makin mudahnya mengakses internet dan mudahnya untuk mendapatkan telepon pintar maka pelayanan transportasi umum online menjadi pilihan terbaik bagi sebagian masyarakat

Design/methodology/approach – Studi ini menggunakan beberapa masyarakat Kota Palembang masing-masing menggunakan angkutan umum online dan angkutan umum konvensional sebagai sampel

Temuan – Fakor keamanan menjadi pertimbangan pada masing masing jenis angkutan umum tersebut diangggap kurang penting, ini mengindikasikan bahwa baik penumpang angkutan umum konvensional berupa Bus Rapid Transit Transmusi dan berbasis online menganggap aman untuk dinaiki.

Research limitations/implications – Keterbatasan dari penelitian ini adalah hanya fokus pada satu jenis angkutan umum dan perilaku konsumennya.

Originality/value – Analisis diskriminan digunakan untuk mengetahui faktor pembeda pertimbangan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum online atau konvensional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i3.5712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats