Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di kota Palembang

Samat ., Luis Marnisah, Omar Hendro, Tirta Jenahar

Abstract


Tujuan penelitian – Penelitian ini membahas tentang Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Promotion, Place, Personal traits, Process, dan Physical Evidence terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang.

Desain/Metodologi/Pendekatan – Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang kuliah di lima perguruan tinggi swasta di Kota Palembang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 mahasiswa yang dijadikan sebagai responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM).

Temuan – Hasil pengujian membuktikan bahwa: 1). Secara parsial didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif Product, dan Promotion terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang, sedangkan Price, Place, Personal traits, Process, dan Physical Evidence tidak berpengaruh secara segnifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang. 2) Secara simultan didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang.

Keterbatasan penelitian – Penelitian ini fokus meneliti tentang faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan mahasiswa, terdapat faktor-faktor lain yang dapat dikembangkan untuk penelitian lanjutan seperti branding, jasa maupun faktor perilaku konsumen lainnya.

Originality/value – Penelitian ini membandingkan bauran pemasaran dari organisasi yang sejenis yaitu perguruan tinggi swasta di kota Palembang.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v15i4.5724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats