Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang)

Yuli Alam

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi dosen dari sudut pandang mahasiswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Ekonomi program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang.

 

Desain/Metodologi/Pendekatan– Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan Regresi Linier berganda dengan bantuan aplikasi komputer SPSS

 

Temuan– Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar mahasiswa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3.290 dengan tingkat signifikan sebesar 0.002. Variable Kompetensi dosen juga secara parsial menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai t hitung sebesar 4,310 dengan Sig.t = 0,000). Motivasi belajar mahasiswa, Kompetensi dosen menurut sudut pandang mahasiswa secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 14063 dengan tingkat signifikan sebesar 0.000.

 

Keterbatasan penelitian– Penelitian ini hanya terbatas pada variabel kompetensi dosen dari sudut pandang mahasiswa, sehingga dapat dikembangkan dengan variable kompetensi dosen sesuai dengan Undang-undang No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen serta variable motivasi belajar mahasiswa sehingga dapat dikembangkan dengan menambah variable internal lain seperti gaya belajar, lingkungan belajar, fasilitas belajar dan variable lainnya.

 

Originality/value– Penelitian ini berfokus pada bukan hanya matakuliah pengantar ekonomi saja melainkan beberapa matakuliah. Bila memungkinkan pada perubahan kurikulum.

 

Kata kunci: Kompetensi dosen, Motivasi belajar mahasiswa, Prestasi belajar mahasiswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v16i1.6244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats