MODEL FAKTOR-FAKTOR PENENTU MELALUI KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA ANGKUTAN OJEK ON-LINE TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KOTA PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model faktor-faktor keputusan menggunakan jasa angkutan ojek online masyarakat kota Palembang. Variabel indenpenden yaitu fasilitas, keamanan angkutan, keramahan petugas, ketepatan waktu, tarif, image, kenyamanan, variabel perantara yaitu faktor keputusan konsumen dan variabel dependen (Y), yaitu kecepatan pelayanan,keramahan karyawan, pengetahuan karyawan, jumlah pelayanan, tampilan formalitas yaitu kepuasan masyarakat dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis amos path (jalur)
Tujuan yang dicapai membantu konsumen/penumpang mendapatkan informasi sebuah layanan ojek online yang memungkinkan calon penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek dengan mudah dan cepat. Calon penumpang cukup memesan ojek dari sebuah aplikasi di smartphone, dan ojek akan datang menjemput.kehadiran ojek online ini tentu memicu reaksi dari berbagai lapisan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan layanan ojek.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini analisis jalur (path analisis ) Amos ialah suatu teknik untuk menganalisis hubungan sebab akibat dengan menggunakan analisis path Amos (analisis jalur). Jika variabel-variabel bebasnya mempengaruhi variabel terikat secara langsung akan tetapi juga berpengaruh secara tidak langsung dalam penelitian ini menggunakan variabel intervening (perantara).
Temuan Pengaruh faktor penentu melalui faktor keputusan terhadap kepuasan masyarakat kota palembang. hasil pengujiannya menunjukan faktor Penentu berpengaruh signifikan terhadap faktor keputusan dan faktor keputusan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat, dengan pengaruh tidak langsung, pengaruh langsung antara faktor penentu terhadap kepuasan masyarakat sedangkan faktor penentu melalui faktor keputusan terhadap kepuasan masyarakat kota Palembang. Dari hasil perhitungan diatas menunjukan bahwa faktor penentu melalui faktor keputusan terhadap kepuasan masyarakat kota Palembang lebih besar dibandingkan pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa faktor keputusan merupakan variabel (intervening atau itermediary),
Keterbatasan penelitian yaitu penelitian ini dilakukan dikota-kota besar saja yaitu hanya masyarakat kota Palembang, untuk referensi penelitian lanjutan dilakukan beberapa bagian daerah atau kabupaten serta daerah lain yang akan direncanakan sebagai alat jasa angkut online daerah kabupaten lainnya.
Originality dalam penelitian ini adalah Ojek banyak digunakan oleh penduduk di kota-kota besar karena kelebihannya dengan angkutan lain, yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota dan menjadi alternatif pilihan utama jasa angkut online, Selain itu dapat menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil. PT. Gojek Indonesia sendiri yang bergerak di bidang jasa angkut online ini menimbulkan persaingan antar perusahaan jasa angkutan umum, Go-jek online hasil buah karya anak bangsa dibidang angkutan umum berbasis teknologi dibawah naungan PT. Gojek Indonesia.
Kata Kunci : Faktor Penentu, Faktor Keputusan Pembelian, Kepuasan Masyarakat
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v16i2.6938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230
p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.