Networking and Internationalisation of Small Firms

Tri Wismiarsi

Abstract


Internasionalisasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah menjadi perhatian para peneliti. Network atau jejaring adalah salah satu strategi yang memungkinan perusahaan untuk merambah ke pasar internasional. Network memberikan pandangan yang berbeda mengenai upaya perusahaan memasuki pasar internasional. Dengan network, pasar merupakan jejaring hubungan antar pelaku bisnis. Internasionalisasi yang memanfaatkan network sebagai strategi, memusatkan perhatian terhadap upaya perusahaan untuk membangun, membina, memelihara dan mengubah hubungan untuk kepentingan keberadaan perusahaan di pasar internasional. Menurut konsep network, internasionalisasi dipengaruhi oleh hubungan yang terbina diantara network daripada keunggulan perusahaan. Anggota network mempengaruhi keputusan dan kegiatan perusahaan di dalam network. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses networking usaha kecil untuk menggarap pasar internasional dan dampak negatif network  itu sendiri dalam bisnis internasional. Untuk mencapai hal tersebut, maka akan digunakan pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif.

Keywords: internationalisation, network, negative impact of networking


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v7i14.8008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats