ANALISIS PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN PERIKLANAN TERHADAP PEMAKAIAN KARTU KREDIT BANK MANDIRI DI KOTA PALEMBANG

Asmarullah Akbar, Zakaria Wahab, A. Widad, Syamsurijal AK

Abstract


Tujuan penelitian– Penelitian ini meneliti tentang analisis pengaruh promosi penjualan dan periklanan terhadap keputusan pembelian (studi kasus Pemakaian Kartu Kredit Bank Mandiri di Kota Palembang).
Desain/Metodologi/Pendekatan– Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi liniear berganda. Ruang lingkup penelitian terbatas pada Pengaruh variabel promosi penjualandan periklananterhadap pemakaian Kartu Kredit Bank Mandiri di Kota Palembang. Rancangan penelitian bersifat kausalitas untuk melihat pengaruh antar variabel bebas dan variabel terikat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil melalui penyebaran kuisoner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang memiliki Kartu Kredit Bank Mandiri yang aktif dalam menggunakan Kartu Kredit di Kota Palembang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non probabilitysampling.
Temuan– Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan dan periklanan berpengaruh terhadap pemakaian kartu kredit.
Keterbatasan penelitian– Objek penelitian ini hanya berfokus pada nasabah yang menggunakan kartu kredit mandiri di kota Palembang. Oleh karena itu hasil penelitian ini hanya dapat diimplementasikan pada nasabah kartu kredit mandiri di wilayah Kota Palembang saja. Sehingga untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek penelitian tidak hanya di wilayah Kota Palembang saja.
Originality/value– Kebaruan dari penelitian ini dari penelitian sebelumnya adalah penambahan variabel baru yaitu variabel periklanan.


Keywords: Purchase Decision, Sales Promotion, Advertising, and Credit Card.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v17i1.9030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats