PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KARISMATIK DAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SEKOLAH TUGU IBU DEPOK

Sifah Fauziah(1), Lindiawatie Lindiawatie(2*)
(1) Universitas Indraprasta PGRI JAKARTA
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v10i2.22403

Abstract

Melalui observasi di lapangan, ditemukan permasalahan terkait penurunan disiplin kerja  guru. Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penurunan disiplin kerja guru adakah dipengaruhi oleh variabel persepsi kepemimpinan karismatik dan motivasi kepala sekolah. Metode pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 responden guru secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kepemimpinan karismatik tidak berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja guru, motivasi kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap disilpin kerja guru. Sedangkan secara simultan persepsi kepemimpinan karismatik dan motivasi kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja guru. Kebaruan yang diperoleh dari riset ini adalah apabila kepemimpinan karismatik  hanya sekedar persepsi dari bawahan maka tidak akan mendorong disiplin kerja guru. Namun kedisiplinan guru akan dapat dipengaruhi oleh motivasi  kepala sekolah yang mampu menjalankan kepemimpinan karismatik yang sebenarnya

Keywords


Kepemimpinan Karismatik, Motivasi, Disiplin Kerja

References


Dewi, R., & Khotimah, S. (2020). Pengaruh Profesionalisme dan Disiplin Kerja Guru terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. ELEMENTARY, Islamic Teacher Journal, Vol 8 No 2, 279-293.

Dwapastety, E., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Hubungan Gaya Kepemimpinan Karismatik terhadap Motivasi Kerja Guru. Edukatif, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3, No 5, 3000-3006.

Fahmi, A. (2020). Efektifitas Kerja Kepala Sekolah dengan Gaya Kepemimpinan Kharismatik. VISIONARY, Vol 10 No 2, 32-36.

Fauzia, A. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: UISU Press.

Hafidulloh, Iradawaty, S. N., & Mochklas, M. (2021). Manajemen Guru : Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Yogyakarta: Penerbit Bintang Pustaka Madani.

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol 3, N0 2, 264-277.

Holilah, L., Fatmasari, R., & Rosita, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Karismatik Dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Disiplin Kerja Guru. AKSARA : Jurnal Ilmu Pendidikan NonFormal, Vol 7 (2), 563-576.

Hutahean, W. S. (2021). Pengantar Kepemimpinan. Malang: Penerbit Ahlimedia Press.

Minsih, Rusnilawati, & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Berkualitas di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol 6 No 1, 29-40.

Nasution, L., & Ichsan., R. N. (2020, Vol 5 No 2). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 78-86.

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1, 7-14.

Praire, P. (2015). Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Afabeta Press.

Rizkianto, A. (2020). Kepemimpinan Karismatik H.O.S Tjokroaminoto di Sarekat Islam. Inteleksia, Jurnal Pengembangan iImu Dakwah, Vol 2, No 1, 55-80.

Saipuddin. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Karismatik, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMK TI Al-Madani Pontianak. Jurnal Manajemen Update, Vol 5, No 4.

Samino. (2014). Kepemimpinan Pendidikan. Surakarta: UMS Press.

Setiawan, R. (2014). Hubungan Kepemimpinan Karismatik, Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional Dengan Kinerja Bawahan. JEBA, Jurnal ekonomi dan Bisnis Airlangga, Vol 24, No 3, 198-205.

Tahir, A. (2014). Buku Ajar Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Talib, D., Fitriana, D., Anou, E., Maisyaroh, & Sumarsono, R. B. (2019). Atribusi Bawahan terhadap Pemimpin Berkarisma. TARBAWI, Vol 5, No 2, 205-2016


Article Statistic

Abstract view : 226 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 115 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lindiawatie - Lindiawatie, Sifah - Fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.