• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PEMANFAATAN BUKTI-BUKTI TRANSAKSI RUMAH TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN KEUANGAN DAN PRAKTEK AKUNTANSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG | Hodsay | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PEMANFAATAN BUKTI-BUKTI TRANSAKSI RUMAH TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN KEUANGAN DAN PRAKTEK AKUNTANSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

    Zahruddin Hodsay(1*), Septi Yuniarti(2)
    (1) Universitas PGRI Palembang
    (2) Universitas PGRI Palembang
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v4i2.5585

    Abstract

    Abstract : This reseacrh entitled “the use of invoice household transaction as financial management instructional media in accounting education study program, faculty of teacher training and education, PGRI University of Palembang” which  aims to find out the effect of invoice household transaction as instructional media to improve the students learning outcomes for financial management subjects and accounting practice. The output of this research skim were teaching materials or national proceedings. The design of this study was an experimental research. The population concist of all of the fifth semester of financial management students (59 persons) and all of the seventh semester of accounting practice students (79 persons). By using clustered random sampling technique, the fifth class A and the seventh class A were chosen to be  the experimental class. While, the fifth class B and the seventh class B were chosen to be the control class. Data was collected by way of documentation and test. Data analysis used t test, through prerequisite test with normality test and homogeinity test used SPPS 21. The result showed that there was a significant effect of the use invoice household transaction as instructional media for financial management students learning outcome (Sig. (2-tailed) 0,001< 0,05). There was also similiar result with the use invoice household transaction as instructional media for accounting practice student learning outcome (Sig. (2-tailed) and  Z. Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05,  Z value 4.783 > 1,96 ).

    Abstrak : Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Bukti-Bukti Transaksi Rumah Tangga Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan dan Praktek Akuntansi pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan bukti-bukti transaksi rumah tangga sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar mata kuliah manajemen keuangan dan praktek akuntansi. Luaran yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah bahan ajar, publikasi ilmiah pada jurnal nasional atau dimuat dalam prosiding seminar nasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah manajemen keuangan pada semester 5 yaitu 59 orang dan seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktek akuntansi pada semester 7 yaitu  79 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5A dan 7A sebagai kelas eksprimen dan mahasiswa kelas 5B dan 7B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 119 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t, melalui uji prasyarat terlebih dahulu berupa uji normalitas data dan homogenitas data dengan menggunakan SPSS version 21. Berdasarkan nilai Sig. (2-tailed)  menunjukkan bahwa 0,001 < 0,05, maka hasil uji signifikan secara statistik menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh  pemanfaatan bukti-bukti transaksi rumah tangga sebagai media pembelajaran  terhadap hasil belajar pada mata kuliah manajemen keuangan. Berdasarkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) dan nilai Z. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, nilai Z sebesar -4.783 > 1,96. Maka dari hasil uji signifikan secara statistik, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh  pemanfaatan bukti-bukti transaksi rumah tangga sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata kuliah praktek akuntansi.

    Keywords


    Bukti Transaksi Rumah Tagga, Manajemen Keuangan, Praktek Akuntansi

    References


    Alam S. 2013. Akuntansi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta :Esis

    Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

    Astuti, Partiwi Dwi. 2012. Akuntansi Keuangan Dasar 1, Teori & Kasus. Yogyakarta : CAPS

    Djarwanto, PS. 2011. Statistik Non Parametrik. Surakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret

    Harti, Dwi. 2011. Akuntansi 1A untuk SMK dan MAK. Jakarta : Erlangga

    Manurung, Daniel dan Jimmi Sinton. 2013. Urgensi Peran Akuntansi dalam Rumah Tangga. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika JINAH Volume 3 Nomor 1. Bandung : FE Universitas Widyatama (diakses 5 Mei 2016).

    Mumpuni, Melvin dan Alvin Augusto Saputra. 2016. Menyimpan dokumen keuangan keluarga. lainnya (www.finalsialku.com/menyimpan-dokumen-keuangan-keluarga. diakses 5 Mei 2016)

    Mursyidi. 2010. Akuntansi Dasar. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia

    Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 8 Nomor 1. Yogyakarta : FE UNY

    Riduwan.2012. Belajar Mudah Penelitian untuk guru-Karyawan dan peneliti PEMULA. Bandung: Alfabeta.

    Rohmawati, Esti Dwi dan Sukanti. 2012. Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Volume X Nomor 2 (diakses 4 Mei 2016).

    Sadiman, Arief S dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Persada

    Sanjaya, Wina. 2012. Media komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

    Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

    Sufren dan Yonathan Natanael. 2014. Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Jakarta : Alex Media Komputindo

    Sugiyono. 2011. Statistika Nonparametris. Bandung : Alfabeta

    Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

    Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima

    Widyastuti, Aprilia. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran dan Partisipasi Siswa di Kelas Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2007/2008. Yogyakarta : FISE UNY

    Yadiati, Winwin dan Ilham Wahyudi. 2010. Pengantar Akuntansi, Edisi Revisi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group


    Article Statistic

    Abstract view : 595 times
    PDF (Bahasa Indonesia) views : 1720 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Zahruddin Hodsay, Septi Yuniarti

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.