PEMANFAATAN BUKTI-BUKTI TRANSAKSI RUMAH TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN KEUANGAN DAN PRAKTEK AKUNTANSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
Abstract
Abstract : This reseacrh entitled “the use of invoice household transaction as financial management instructional media in accounting education study program, faculty of teacher training and education, PGRI University of Palembang” which aims to find out the effect of invoice household transaction as instructional media to improve the students learning outcomes for financial management subjects and accounting practice. The output of this research skim were teaching materials or national proceedings. The design of this study was an experimental research. The population concist of all of the fifth semester of financial management students (59 persons) and all of the seventh semester of accounting practice students (79 persons). By using clustered random sampling technique, the fifth class A and the seventh class A were chosen to be the experimental class. While, the fifth class B and the seventh class B were chosen to be the control class. Data was collected by way of documentation and test. Data analysis used t test, through prerequisite test with normality test and homogeinity test used SPPS 21. The result showed that there was a significant effect of the use invoice household transaction as instructional media for financial management students learning outcome (Sig. (2-tailed) 0,001< 0,05). There was also similiar result with the use invoice household transaction as instructional media for accounting practice student learning outcome (Sig. (2-tailed) and Z. Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, Z value 4.783 > 1,96 ).
Abstrak : Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Bukti-Bukti Transaksi Rumah Tangga Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan dan Praktek Akuntansi pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan bukti-bukti transaksi rumah tangga sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar mata kuliah manajemen keuangan dan praktek akuntansi. Luaran yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah bahan ajar, publikasi ilmiah pada jurnal nasional atau dimuat dalam prosiding seminar nasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah manajemen keuangan pada semester 5 yaitu 59 orang dan seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktek akuntansi pada semester 7 yaitu 79 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5A dan 7A sebagai kelas eksprimen dan mahasiswa kelas 5B dan 7B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 119 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t, melalui uji prasyarat terlebih dahulu berupa uji normalitas data dan homogenitas data dengan menggunakan SPSS version 21. Berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan bahwa 0,001 < 0,05, maka hasil uji signifikan secara statistik menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh pemanfaatan bukti-bukti transaksi rumah tangga sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata kuliah manajemen keuangan. Berdasarkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) dan nilai Z. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, nilai Z sebesar -4.783 > 1,96. Maka dari hasil uji signifikan secara statistik, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh pemanfaatan bukti-bukti transaksi rumah tangga sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata kuliah praktek akuntansi.Keywords
References
Alam S. 2013. Akuntansi Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta :Esis
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Astuti, Partiwi Dwi. 2012. Akuntansi Keuangan Dasar 1, Teori & Kasus. Yogyakarta : CAPS
Djarwanto, PS. 2011. Statistik Non Parametrik. Surakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret
Harti, Dwi. 2011. Akuntansi 1A untuk SMK dan MAK. Jakarta : Erlangga
Manurung, Daniel dan Jimmi Sinton. 2013. Urgensi Peran Akuntansi dalam Rumah Tangga. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika JINAH Volume 3 Nomor 1. Bandung : FE Universitas Widyatama (diakses 5 Mei 2016).
Mumpuni, Melvin dan Alvin Augusto Saputra. 2016. Menyimpan dokumen keuangan keluarga. lainnya (www.finalsialku.com/menyimpan-dokumen-keuangan-keluarga. diakses 5 Mei 2016)
Mursyidi. 2010. Akuntansi Dasar. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 8 Nomor 1. Yogyakarta : FE UNY
Riduwan.2012. Belajar Mudah Penelitian untuk guru-Karyawan dan peneliti PEMULA. Bandung: Alfabeta.
Rohmawati, Esti Dwi dan Sukanti. 2012. Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Volume X Nomor 2 (diakses 4 Mei 2016).
Sadiman, Arief S dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Persada
Sanjaya, Wina. 2012. Media komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sufren dan Yonathan Natanael. 2014. Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Jakarta : Alex Media Komputindo
Sugiyono. 2011. Statistika Nonparametris. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima
Widyastuti, Aprilia. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran dan Partisipasi Siswa di Kelas Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2007/2008. Yogyakarta : FISE UNY
Yadiati, Winwin dan Ilham Wahyudi. 2010. Pengantar Akuntansi, Edisi Revisi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Article Statistic
Abstract view : 604 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 1723 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Zahruddin Hodsay, Septi Yuniarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.