PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MUARA PADANG BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Tri Ani Oktaria, Riswan Jaenudin, Rusmin AR

Abstract


Abstract: The research entitled “The Effect of Teacher Teaching Creativity on Students’ Learning Outcomes in Economics subjects at SMA N 1 Muara Padang”. The formulation of research problem was “whether there was influence of teacher teaching creativity to student learning outcomes one conomic subject in SMAN1 Muarapadang”.Population in this research was all of the teacher of economic subject and student of class X and XI in SMA N 1 Muara Padang. Sampling research used purposive sampling, so that all subject economic subject became samples and selected class XI IPS 1, XI IPS 2 and X IPA 2. Technique Collecting data used in this Study were observation, questionnaires, interviews and documentation. Technique of data observation analysis obtained from observation of teacher who taught before daily test, obtained average teacher teaching creativity equal to 79,01% into good category. Technique of questionnaire data analysis obtained average-equal to 68,92% into good category, while result of data analysis of documentation value of student daily average value equal to 84,85%. Hypothesis used parametric statistic that was simple regressi on test obtainedFcount?Ftable or 33,22?3,96. This showed that there wasinfluence of teacher teaching creativity to student learning outcomes one conomic subjectsinSMAN1MuaraPadang.Itisrecommended for further researchers to examine more than one school and use more than three teachers as the samples and describe other factors that influence the learningoutcomes.

Abstrak : Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Muara Padang ”. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu “apakah ada pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN1MuaraPadang”.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran Ekonomi dan siswa kelas X dan XI di SMA N 1 Muara Padang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling, sehingga seluruh guru mata pelajaran Ekonomi menjadi sampel dan dipilih kelas XI IPS 1, X IPS 2 dan X IPA 2.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari observasi guru yang mengajar sebelum dilaksanakan ulangan harian, diperoleh rerata kreativitas mengajar guru sebesar 79,01% masuk dalam kategori baik. Hasil yang diperoleh dari angket dengan rerata sebesar 68,91% masuk dalam kategori baik, sedangkan hasil analisis data dokumentasi nilai ulangan harian siswa rerata sebesar 84,85. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji regresi sederhana diperoleh Fhitung ? Ftabel atau 33,22 ? 3,96. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Muara Padang.Disaran bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih dari satu sekolah dan sampel yang digunakan lebih dari tiga orang guru serta menggambarkan faktor – faktor lain yang mempengaruhinya

Keywords


Kreativitas Mengajar Guru, Hasil Belajar

References


Haris, Abdul & Jihad, Asep., (2003). Evaluasi pembelajaran.Yogyakarta: Multi Prasindo.

Hamalik, Oemar., (2013). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryanto & Warsono. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hasbullah, (2006).Otonomi pendidikan.Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Kasmadi, (2013).Membangun Soft Skil Anak- Anak Hebat.Bandung: Alfabeta.

Munandar, Utami., (2016). Pengembangan Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursell, j &Nasution., (2012). Mengajar dengan sukses.Jakarta:Bumi Aksara.

Purwanto, (2014). Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Slameto, (2010).Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto, (2010).Proses Belajar Mengajar Disekolah.Jakarta:Rineka Cipta.

Supriadi, (2011).Strategi belajarmengajar.Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad., (2013).Teori Belajar &Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA

Mudyaharjo, Redja., (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v4i2.5592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

 INDEXED BY :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Flag Counter View My Stats