PEMANFAATAN BUKU TEKS OLEH GURU EKONOMI SMA NEGERI SE-KABUPATEN OGAN ILIR
Abstract
Abstract: This study discusses the use of textbooks by economics teacher based on curriculum 2013 high schools in Ogan Ilir. The formulation of the research problem are " What textbooks are used by the economics teacher in SMA Ogan Ilir district? Is there any consideration of economics teacher in selecting textbooks used in SMA Ogan Ilir district? What are the difficulties faced by teachers in the use of economic textbooks in SMA Ogan Ilir district?".The research method using descriptive method. The numbering subject are 5 peoples from economics teacher, consists of three teachers from SMA Negeri 1 Indralaya and two teachers from SMA Negeri 2 Tanjung Raja. The data of textbook used by economics teacher, teacher’s consideration in choosing textbook and the difficulties faced by economics teacher in using textbook were collected through questionnaires and intervew techniques. Each data is analyzed by using a percentage formula. The results of research on the use of textbook by High School economics teacher in Ogan Ilir district can be seen from indicators of the types of textbook. Teacher’s consideration in choosing textbook and the difficulties faced by teachers in using textbook show a good category. The instruments that used in the study are questionnaires, Guttman scale and interview. From this study, the researcher conclude that the use of by economics teacher in senior high school Ogan Ilir district included in good category. For the next research, is expected to examine the difficulties or limitations of textbooks in any material or any economics textbook chapters in senior high school in Ogan Ilir used by teachers based on the curriculum of 2013.
Abstrak: Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan buku teks oleh guru ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 SMA Negeri di Kabupaten Ogan Ilir. Adapun rumusan Masalah penelitian yaitu “Buku teks apa saja yang digunakan oleh guru ekonomi SMA Negeri se-Kabupaten Ogan Ilir?Apakah yang menjadi pertimbangan guru ekonomi dalam memilih buku teks yang digunakan di SMA Negeri se-Kabupaten Ogan Ilir? Apakah kesulitan yang dihadapi guru dalam menggunakan buku teks ekonomi SMA Negeri se-Kabupaten Ogan Ilir?”.Metode Penelitian yang digunakan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 5 orang guru ekonomi yang terdiri dari 3 orang guru dari SMA Negeri 1 Indralaya dan 2 orang guru dari SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Data buku teks yang digunakan guru ekonomi, pertimbangan pemilihan buku teks oleh guru ekonomi dan kesulitan yang dihadapi guru ekonomi dalam menggunakan buku teks dikumpulkan melalui teknik angket dan wawancara.Setiap data dianalisis menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian tentang pemanfaatan buku teks oleh guru ekonomi SMA Negeri se-Kabupaten Ogan Ilir yang dilihat dari indikator jenis-jenis buku teks, pertimbangan pemilihan buku teks dan kesulitan yang dihadapi guru dalam menggunakan buku teks menunjukkan kategori baik.Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket, dengan menggunakan skala Guttman dan untuk data wawancara menggunakan lembar pedoman wawancara.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemanfaatan buku teks oleh guru ekonomi SMA Negeri se-Kabupaten Ogan Ilir termasuk dalam kategori baik. Untuk Peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meneliti kesulitan atau keterbatasan buku teks ekonomi dalam setiap materi atau setiap bab pada buku teks ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Ogan Ilir yang digunakan oleh guru berdasarkan kurikulum2013Keywords
References
Abdulkarim, Aim. 2007. Analisis Isi Buku Teks dan Implikasinya dalam Memberdayakan Keterampilan BerfikirPeserta didik SMA.Jurnal Forum Kependidikan, 26(2): 71-80
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta RinekaCipta
Amri, Sofan.2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Kurniawan, Muharta. 2007. Analisis Kejelasan Materi Pokok Kemagnetan dalam Buku Teks SMP Kelas IX.Skripsi. Indralaya: FKIP UNSRI
Masnur, Muslich. 2010. Textbook Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
Rahmawati, Isna. 2015. Pengembangan Buku Teks Ilmu Pengetahuan Social (IPS) Berbasis Kurikulum 2013 Untuk SMP Kelas VIII Semester 2. Jurnal 3 (5) : 39-44
Rusman. 2011. Pemanfaatan Media Sebagai Sumber Belajar. Bandung” Informatika
Riduwan.2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Sudono, Anggani. 2010. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Grasindo
Sugiyono, 2012.Statistika Untuk Penelitian .
Bandung: Alfabeta
, 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Pusat Perbukuan dan Kurikulum (Puskurbuk).2013. Penilaian Buku Teks Pelajaran. http://puskurbuk.net/web13/penilian-buku-teks-pelajaran.html.Diakses tanggal 15 Maret 2016.
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan.2009.Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa
Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar mengajar yang Kreatif dan Efektif.Jakarta: PT
Wirawan. 2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan profesi. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Article Statistic
Abstract view : 517 timesPDF (Bahasa Indonesia) views : 3095 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yunita Leni Utari, Deskoni Deskoni, Dewi Koryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.