PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang”. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu “apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan pra eksperimen dengan metode One Grup Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X IIS 1 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data observasi diperoleh dari hasil pre observasi dan post observasi. Hasil analisis data observasi pada penerapan model pembelajaran dengan rerata sebesar 93,3% sedangkan observasi pada keaktifan belajar sebesar 79,1% dapat diinterpretasikan keaktifan pada kelas X IIS 1 tergolong aktif. Hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 26,32 dimana, thitung> ttabel = 26,32 > 1,685. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang.
Keywords
References
Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta
Aqib, Zainal. 2015. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Depdiknas. 2008 . Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Heriyanti, Nova. 2007. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Lingkaran Kecil Lingkaran Besar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Dharma Bhakti Palembang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Sriwijaya.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: isu-isu Metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jalil, Jasman. 2014. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Prestasi Pusaka
Kemendikbud. 2013. Pengembangan
Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigm Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidikan Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Kurikulum 2013. Yogyakarta: A-Ruzz Media
Siregar, Eveline. 2010. Teori Belajar dan Pembelajara. Bogor: Ghalia Indonesia
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2011. Cooperatif Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajar Inovatif. Sidoarjo: Masnedi Buana Pustaka
Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Usman, Moh. Uzer. 2002. Upaya Optimalisasi Kegiatan belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Article Statistic
Abstract view : 2211 timesPDF views : 3264 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Lisa Yuliana, Ikbal Barlian, Riswan Jaenudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.