PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

Lisa Yuliana(1*), Ikbal Barlian(2), Riswan Jaenudin(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v5i1.5633

Abstract

Abstract :This research entitled "The Influence of Cooperative Learning Model "Inside Outside Circle Type to the activeness of students class X on Economic subject in SMA Srijaya Negara Palembang". The problem formulation of the research is "whether there is influence of cooperative learning model Inside Outside Circle Type to the activeness of student sclass X on Economic subject in SMA Srijaya Negara Palembang”. This research is an experimental research which uses pre experiment with One Group Pretest-Postest Design method. The population of this research is all students of class X in SMA Srijaya Negara Palembang. The sample used is cluster random sampling. In this case, there are 30 students of X IIS selected. The data collection techniques that used is observation. The technique of observation data analysis is obtained from the result of pre observation and post observation. The results of observational data analysis of learning models is 93.3% while the observation on learning activenessis. 79.1%. From the result, it can be interpreted that the students of class X IIS 1 areactive in learning. Furthermore, the hypothesis uses t test. The result of the research is t = 26,32 where, tcount> ttable = 26,32> 1,685. This shows that there is influence of cooperative learning model "Inside Outside Circle Type "to the activeness of student sclass X on Economic subject in SMA Srijaya Negara Palembang.

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang”. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu “apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan pra eksperimen dengan metode One Grup Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X IIS 1 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data observasi diperoleh dari hasil pre observasi dan post observasi. Hasil analisis data observasi pada penerapan model pembelajaran dengan rerata sebesar 93,3% sedangkan observasi pada keaktifan belajar sebesar 79,1% dapat diinterpretasikan keaktifan pada kelas X IIS 1 tergolong aktif. Hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 26,32 dimana, thitung> ttabel = 26,32 > 1,685. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang.

Keywords


Model Pembelajaran Inside Outside Circle, keaktifan Belajar

References


Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Zainal. 2015. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. 2008 . Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Heriyanti, Nova. 2007. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Lingkaran Kecil Lingkaran Besar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Dharma Bhakti Palembang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Sriwijaya.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: isu-isu Metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jalil, Jasman. 2014. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Prestasi Pusaka

Kemendikbud. 2013. Pengembangan

Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigm Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidikan Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Kurikulum 2013. Yogyakarta: A-Ruzz Media

Siregar, Eveline. 2010. Teori Belajar dan Pembelajara. Bogor: Ghalia Indonesia

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2011. Cooperatif Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajar Inovatif. Sidoarjo: Masnedi Buana Pustaka

Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Usman, Moh. Uzer. 2002. Upaya Optimalisasi Kegiatan belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Statistic

Abstract view : 2211 times
PDF views : 3264 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Lisa Yuliana, Ikbal Barlian, Riswan Jaenudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.