PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN JIGSAW II TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 PEMALI

Gita Lestari(1*)
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.36706/jp.v5i1.5636

Abstract

Abstract: This research aims to test the influence of model comparison study with a Rotating Trio of Exchange with Jigsaw II towards social skills learners at IPS subjects in SMP Negeri 3 Pemali. As for the formulation of the problem: "If there are differences influence the learning model with a Rotating Trio of Exchange with Jigsaw II towards social skills learners At IPS subjects in SMP Negeri 3 Pemali?". This research is a comparative study, which uses a randomized design, completely design with the shape of the pre-post observations. The population in this research is the entire class VIII in SMP Negeri 3 Pemali. Research samples using cluster random sampling, so elected to class VIII. B as the experimental class 1 and class VIII. and as class experiment 2, each numbered 27 students. Data collection techniques are used namely observation. The hypothesis using statistics parameters i.e. two sample t-test is independent and obtained the value ? , hypothesis then rejected and accepted. Then there is the influence of the differences can be summed up with a Rotating Trio of Exchange model with the model Jigsaw II towards social skills learners at IPS subjects in SMP Negeri 3 Pemali. Based on the constraints in this research, it is recommended that teachers will apply the model of the Rotating Trio of Exchange and model Jigsaw II can guide learners in discussion, can control the condition in the classroom, the teacher pointed at and encourage learners to brave asking and asking opinions even though answers given lessprecise.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbandingan pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange dengan Jigsaw II terhadap keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pemali. Adapun rumusan masalah yaitu “Apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange dengan Jigsaw II terhadap keterampilan sosial peserta didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pemali?”. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, yang menggunakan desain completely randomized design, dengan bentuk pre-post observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 3 Pemali. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji-t dua sampel independen dan diperoleh nilai ? maka hipotesis ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh model Rotating Trio Exchange dengan model Jigsaw II terhadap keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pemali. Berdasarkan kendala dalam penelitian ini, disarankan guru yang akan menerapkan model Rotating Trio Exchange dan model Jigsaw II dapat membimbing peserta didik dalam melakukan diskusi, dapat mengendalikan kondisi di dalam kelas, guru menunjuk dan mendorong peserta didik untuk berani bertanya dan mengajukan pendapat meskipun jawaban yang diberikan kurang tepat.

Keywords


Model Rotating Trio Exchange, Jigsaw II, Keterampilan Sosial

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Arifin, Zainal dan Adi Setiawan. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta:Skripta.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jakarta: Alfabeta.

Oviyana, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VI SD. Jurnal. Singaraja: PGSD Universitas PendidikanGanesha.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar danMenengah.

Rachmah, Huriah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung:Alfabeta.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riyanto. Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran:Sebagai Referensi Bagi Guru Pendidik Dalam Implementasi Pembelajran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sani, R, Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung:Kencana.

Silberman, Melvin, L. 2014. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Edisi Revisi. Bandung: NuansaCendekia.

Slavin, Robert, E. 2011. Cooperative Learning. Bandung: NusaMedia.

Sudjana, Nana. 2010. Metode Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhartini. 2014. Pembelajaran Untuk Anak TK. Jakarta: Gramedia.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Kencana.

Uno, B Hamzah . 2012. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Statistic

Abstract view : 569 times
PDF views : 376 times

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Gita Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.