PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN JIGSAW II TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 PEMALI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbandingan pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange dengan Jigsaw II terhadap keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pemali. Adapun rumusan masalah yaitu “Apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange dengan Jigsaw II terhadap keterampilan sosial peserta didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pemali?”. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, yang menggunakan desain completely randomized design, dengan bentuk pre-post observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 3 Pemali. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji-t dua sampel independen dan diperoleh nilai ? maka hipotesis ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh model Rotating Trio Exchange dengan model Jigsaw II terhadap keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Pemali. Berdasarkan kendala dalam penelitian ini, disarankan guru yang akan menerapkan model Rotating Trio Exchange dan model Jigsaw II dapat membimbing peserta didik dalam melakukan diskusi, dapat mengendalikan kondisi di dalam kelas, guru menunjuk dan mendorong peserta didik untuk berani bertanya dan mengajukan pendapat meskipun jawaban yang diberikan kurang tepat.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.
Arifin, Zainal dan Adi Setiawan. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta:Skripta.
Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jakarta: Alfabeta.
Oviyana, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VI SD. Jurnal. Singaraja: PGSD Universitas PendidikanGanesha.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar danMenengah.
Rachmah, Huriah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung:Alfabeta.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Riyanto. Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran:Sebagai Referensi Bagi Guru Pendidik Dalam Implementasi Pembelajran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Sani, R, Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung:Kencana.
Silberman, Melvin, L. 2014. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Edisi Revisi. Bandung: NuansaCendekia.
Slavin, Robert, E. 2011. Cooperative Learning. Bandung: NusaMedia.
Sudjana, Nana. 2010. Metode Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhartini. 2014. Pembelajaran Untuk Anak TK. Jakarta: Gramedia.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Kencana.
Uno, B Hamzah . 2012. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Statistic
Abstract view : 569 timesPDF views : 376 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Gita Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.