PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 GELUMBANG

Heni Sintia, Riswan Jaenudin, Siti Fatimah

Abstract


Abstract
This research entitled "Comparison of Learning Results Students Between Using Inquiry Learning Model with Learning Models Discovery on Economics Class X class at SMA Negeri 1 Gelumbang". The problem formulation is “whether there are differences in learning outcomes of learners between using the model of learning inquiry with the model of learning discovery on the subjects of economy class X in SMA Negeri 1 Gelumbang”. This research is a comparative study, which uses a compeletely randomized design design, with a pretest posttest form. Population in this research is all class X in SMA Negeri 1 Gelumbang. The sample used cluster random sampling, so selected X class IPS 2 as experiment class 1 which amounted to 32 students and X IPS 3 as experiment class 2 amounted to 30 students. Data collection techniques used are tests and observations. Hypothesis using parametric statistic that is test-t and obtained tcount value bigger than table or 2,692 bigger than 1,671 hence hypothesis of Ho refused and Ha accepted. It can be concluded that there are differences in learning outcomes of learners between using the model of learning Inquiry with the model of learning Discovery on the subjects of economy class X in SMA Negeri 1 Gelumbang.

Abstrak
Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dengan Model Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Gelumbang”. Adapun rumusan masalah yaitu “apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan model pembelajaran Discovery pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Gelumbang”. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, yang menggunakan desain compeletely randomized design, dengan bentuk 2 kelas pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Gelumbang. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 32 peserta didik dan X IPS 3 sebagai kelas eksperimen 2 berjumlah 30 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t dan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 2,692 lebih besar dari 1,671 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan model pembelajaran Discovery pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Gelumbang

Keywords


Model Inquiry, Discovery, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adeline. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Skripsi. Inderalaya: Universitas Sriwijaya.

Ahmadi dan Uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Standar Kompetensi Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjino. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kelima.

Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Eko Putro Widoyoko,S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah dan Nurdin. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : PT. Bumi Aksara..

Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Majid. 2013. Strategi Pembelajaran . Bandung : PT . Remaja Rosdakarya.

Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Mulyatiningsih, Endang.(2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung. Alfabeta

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo..

Soemantri, Numan. 2013. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Inderalaya: Universitas Sriwijaya




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176

PUBLISHED BY :

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Jl. Raya Palembang - Prabumulih Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan

email :profitp_ekonomi@fkip.unsri.ac.id

SPONSORSHIP BY :

 INDEXED BY :

      

 

Creative Commons License
The Journal PROFIT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View PROFIT Stats Flag Counter