• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 GELUMBANG | Sintia | Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

    PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 GELUMBANG

    Heni Sintia(1*), Riswan Jaenudin(2), Siti Fatimah(3)
    (1) Alumni FKIP Universitas Sriwijaya
    (2) FKIP Universitas Sriwijaya
    (3) FKIP Universitas Sriwijaya
    (*) Corresponding Author
    DOI : 10.36706/jp.v6i1.7875

    Abstract

    Abstract
    This research entitled "Comparison of Learning Results Students Between Using Inquiry Learning Model with Learning Models Discovery on Economics Class X class at SMA Negeri 1 Gelumbang". The problem formulation is “whether there are differences in learning outcomes of learners between using the model of learning inquiry with the model of learning discovery on the subjects of economy class X in SMA Negeri 1 Gelumbang”. This research is a comparative study, which uses a compeletely randomized design design, with a pretest posttest form. Population in this research is all class X in SMA Negeri 1 Gelumbang. The sample used cluster random sampling, so selected X class IPS 2 as experiment class 1 which amounted to 32 students and X IPS 3 as experiment class 2 amounted to 30 students. Data collection techniques used are tests and observations. Hypothesis using parametric statistic that is test-t and obtained tcount value bigger than table or 2,692 bigger than 1,671 hence hypothesis of Ho refused and Ha accepted. It can be concluded that there are differences in learning outcomes of learners between using the model of learning Inquiry with the model of learning Discovery on the subjects of economy class X in SMA Negeri 1 Gelumbang.

    Abstrak
    Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dengan Model Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Gelumbang”. Adapun rumusan masalah yaitu “apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan model pembelajaran Discovery pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Gelumbang”. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, yang menggunakan desain compeletely randomized design, dengan bentuk 2 kelas pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Gelumbang. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 32 peserta didik dan X IPS 3 sebagai kelas eksperimen 2 berjumlah 30 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t dan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 2,692 lebih besar dari 1,671 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan model pembelajaran Discovery pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Gelumbang

    Keywords


    Model Inquiry, Discovery, Hasil Belajar

    References


    Adeline. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Skripsi. Inderalaya: Universitas Sriwijaya.

    Ahmadi dan Uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

    Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Standar Kompetensi Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Depdiknas

    Dimyati dan Mudjino. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kelima.

    Rineka Cipta. Jakarta.

    Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

    Eko Putro Widoyoko,S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta:

    Pustaka Pelajar.

    Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

    Hamzah dan Nurdin. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : PT. Bumi Aksara..

    Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

    Majid. 2013. Strategi Pembelajaran . Bandung : PT . Remaja Rosdakarya.

    Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

    Mulyatiningsih, Endang.(2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

    Bandung. Alfabeta

    Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo..

    Soemantri, Numan. 2013. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Rosdakarya.

    Tim Penyusun. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Inderalaya: Universitas Sriwijaya


    Article Statistic

    Abstract view : 711 times
    PDF views : 1153 times

    The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

    If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

    Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

    Fullscreen Fullscreen Off

    Full Text: PDF

    How To Cite This :

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Heni Sintia, Riswan Jaenudin, Siti Fatimah

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.