PENGEMBANGAN WEB SUPPORT UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS JURUSAN IPA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI

Haris Kurniawan, Zulkardi Zulkardi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan Website Support untuk siswa SMA Jurusan IPA pada pokok bahasan Trigonometri yang valid dan praktis. 2) mengetahui efek potensial Website Support yang dikembangkan terhadap minat siswa SMA Jurusan IPA pada pokok bahasan Trigonometri di SMAN 2 Sekayu, SMAN 4 Lahat. Penelitian dilakukan melalui 2 tahapan yaitu 1) tahap premilinery meliputi semua persiapan awal. 2) Prototyping meliputi proses pendesaianan, pengembangan dan formative evaluation. Metode pengambilan datanya berupa walk trough, Angket. Hasil dari pengembangan ini adalah berupa sebuah website support untuk siswa SMA jurusan IPA pokok bahasan trigonometri, dengan alamat www.trigonometrisma.com . website ini telah dikategorikan valid dilihat dari proses validasi yang dilakukan oleh pakar bahasa, pakar desain web, praktisi matematika, dan dikatakan praktis setelah dilakukan uji coba hingga field test yang menunjukkan hasil yang positif berdasarkan komentar dan angket dari siswa. Berdasarkan uji lapangan diketahui bahwa website ini memiliki efek potensial terhadap minat siswa dari hasil analisis angket terutama dilihat dari sisi kesediaan terdapat 70,4% yang menyatakan ingin berlama – lama di website ini atau betah dan analisis pada menu ujian.

 

DOI:http://dx.doi.org/10.22342/jpm.11.1.3594.79-93


Keywords


Pengembangan, Website Support, Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Arifin, S. (2010). Desaining blog support : wujud profesionalisme guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika. Simposium Nasional 2011 Puslitjaknov , 1-12.

Arifin, S., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2014). Pengembangan blog supportpembelajaran matematika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Afgani, M. W., Darmawijoyo, D., & Purwoko, P. (2013). Pengembangan media website pembelajaran materi program linear untuk siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Farisi, P. (2010). Proyek membuat Website jejaring sosial dengan joomla. Jogyakarta: Lokomedia.

Henuhili, V. (2009). Pelatihan pembuatan media pembelajaran biologi berbasis internet bagi guru biologi SMA di kabupaten Sleman. Inotek-Volume 13, Nomor 2, Agustus 2009 .

Julan, H. (2010). Survei kesiapan guru untuk menggunakan TIK dalam pembelajaran matatematika di Kelas. Edumat-Volume 1 Nomor 1 .

Kapoun, J. (1998). Teaching undergrads WEB evaluation : A guide for library instruction. C&RL News-Volume 59 No.7 .

Krismanto, A. (2008). Paket fasilitas pemberdayaan KKG/MGMP matematika (Pembelajaran Trigonometri, SMA). Jogyakarta: P4TK Matematika Diknas.

Maesuri P, S. (2011). Internet sebagai alat pembelajaran/pengajaran matematika (belajar dari kasus seorang guru SD di Queensland, Australia). JPMM-Volume-1 , 36-43.

Mcfredries, P. (2008). The complete idiot’s guide to : creating a Website. New york: Alpha.

Meryansumayeka, M., & Mulyono, B. (2016). Pengembangan Materi Pelajaran Berbasis Tik Untuk Mata Kuliah Program Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2).

Nurhayati, S.D. (2011). PPMP SMA Banyuasin dan Musi Banyuasin. Jakarta: Dikti.

Permana, L. (2011). Mengelola Website joomla 1.7. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Sadjad, R. (2008). Globalisasi, sistem pembelajaran dan internet., ( www.unhas.ac.id/Rhiza/.../Pembelajaran.pdf), Diakses November 28, 2011

Smaldino, Lowther, & Russel, J. (2011). Instructional technology & media for learning. J.

Tessmer, Martin. (1998). Planning and conducting formative evaluations. Philadelphia: Kogan Page.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2010). Teknologi komunikasi dan informasi pebelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulkardi, & Ilma, R. (2010). Pengembangan blog support untuk membantu siswa dan guru matematika indonesia belajar PMRI. JIPP Volume 2 (Agustus 2010) .




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3594.79-93


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: