PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PYTHAGORAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP

Usyeldi Usyeldi

Abstract


Pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Baso dilaksanakan melalui metode ceramah. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik belum dilaksanakan. Masih banyak peserta didik (60%) yang belum tuntas belajar matematika. Salah satu upaya yang untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan model Pythagoras sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model Pythagoras pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII.1 SMP N 4 Baso pada Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 20 orang. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk mendapatkan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran pada setiap siklus. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah: Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 66,5, pada siklus II sebesar 75,5 sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Prosentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 60%, pada siklus II sebesar 95 %. Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Pythagoras dapat meningkatan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Model Pythagoras, Hasil Belajar

References


Annisah, Siti (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1).

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Hamalik, O. (1992). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Hartati (2012). Penggunaan Media Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika: J-TEQIP. Tahun III. Nomor 1.

Ibrahim dan Suparni (2012). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Moleong, Lexy J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngadino (1986). Media Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono (2011). Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Dalam pelatihan materi matematika KKG MI Kecamatan Trincing, Secang, Jateng.

Sumiati (2009). Penggunaan Alat Peraga Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Bangun Ruang (Penelitian Tidakan Kelas di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Nagrikaler Purwakarta Tahun Ajaran 2006/2007). Jurnal Universitas Pendidikan Matematika. 4(1).

Usman, M.U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel (2005). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4186.%25p


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View JPM Stats


Indexed in: