DESAIN PEMBELAJARAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN PENDEKATAN PMRI DIKELAS VII

Paulina Alihusin, Ratu Ilma Indra Putri, Yusuf Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep-konsep pada materi pengurangan bilangan bulat melalui HLT yang didesain dengan daun-daun sebagai titik awal (starting point) juga sekaligus sebagai media dan menghasilkan lintasan pembelajaran pengurangan bilangan bulat untuk kelas VII. Desain research dipilih sebagai jenis penelitian ini untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam penelitian ini, serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan hipotesis proses pembelajaran siswa. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan PMRI dengan melibatkan 32 orang siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Palembang. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory (LT) yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam 2 aktivitas yaitu memahami cara melakukan operasi pengurangan bilangan bulat dan cara menyelesaikan soal-soal penerapan pengurangan bilangan bulat. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjuk bahwa dengan pendekatan PMRI dapat membantu siswa menyelesaikan soal-soal pengurangan bilangan bulat. Dengan adanya lintasan belajar mulai menyusun daun-daun dan memasangkannya dan menentukan hasil pengurangan dapat membantu pemahaman, penalaran siswa untuk materi Pengurangan Bilangan Bulat.


Keywords


Design Research, PMRI, Pengurangan Bilangan Bulat.

References


Adiwimarta, Sukesi Sri, dkk, (1994). Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta : Balai Pustaka

Akker,et al (2006). Education Design Research. London: Routledge Taylor and

Francis Group.

Asmin. (2015). Implementasi PMRI, (online). Tersedia: www.duniaguru.com diakses tanggal 27 Mei 2015.

Bakker, A. (2004). Design Research in Statistic Education on Symbolizing and

Computer tools. Amersfoort: Wilco Press.

Dahar, RW. (1988). Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud P2LPTK.

Darsono, M. (2008). Belajar dan Pembelajaran.. Semarang: IKIP Semarang Press

De Lange, J (1987). Mathematic Insight and Meaning . Utrecht: OW & OC.

Hudojo, H (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Gravermeijer. (1994). Developing Realistic Mathematics Educations. Utrecht:Freudhental Institute.

Gulo,W. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lestari, U.P. (2015). Penggunaan Konteks Kuantitas Yang Melibatkan Permainan Dalam Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat di Kelas IV Sekolah Dasar. FKIP Universitas Sriwijaya.

Jannah Fitriatul (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Unesa

Muslimin. (2013). Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar. FKIP Universitas Sriwijaya.

Nursyahidah Farida. (2011). Desain pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Sampai 20 di Kelas I Sekolah Dasar Menggunakan Permainan Tradisional Dakocan (Dakomatika). FKIP Universitas Sriwijaya.

Owens, Key. (2010). Papua New Guinea Indigenous Knowledge abaout

Mathematical Concept. Journal of Mathematic & Culture In ICEM 4 Focus Issue. Januari 2010, pp. 20-50.

Rahardjo Marsudi, sumardi (2010). Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di SD. P4TK Matematika jogjakarta

Sembiring , Robert K. (2010). Pendidikan Matematika Realistic Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya, dalam Jurnal IndoMS. JME, vol I no I Juli 2010, pp. 11-16.

Simangunsong, SW. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Erlangga

Soedjadi, R. (2007). Inti Dasar-dasar Pendidikan Matematika Realistik IndonesiaJurnal PendidikanMatematika, Vol I, No. 2, Juli 2007, hlm 1 – 10 Palembang Universitas Sriwijaya.

Syaifudin. (2009). Pembelajaran Matematika Realistic untuk Meneingkatkan

Kemampuan Generalisasi Siswa Tentang Geometri Sekolah Menengah

Pertama Negeri 15 Palembang. PPs Pendidikan Matematika Universitas

Sriwijaya. (Tesis tidak dipublikasikan).

Ulrich,C. (2013).The Addition and Subtraction of Signed Quantities. : University

of Georgia, Athens .Tersedia:

http://www.uwyo.edu/wisdome/files/document diakses tanggal 17 Maret

Wicaksono, Kukuh nasrul. (2007). Penerapan Teori Bilangan Bulat dalam Kriptografi dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari. http://students.if.itb.ac.id. Diakses tanggal 5 Mei 2015

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Enviroment on Realistic Mathematics

Education for Indonesian Student Teachers. Doctoral thesis of Twente University. Enschede: Twente University.

Zulkardi & Putri.R.I.(2010).Pengembangan Blog Support Untuk Membantu Siswa Dengan Guru Matematika Indonesia Belajar PMRI. JPP.Volume 2 (Agustus,2010)




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4466.%25p


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View JPM Stats


Indexed in: