UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODIFIKASI MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR II DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Nyimas Inda Kusumawati, Agus Supriadi

Abstract


Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya nilai mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar II adalah mahasiswa yang kurang aktif bertanya, hanya mengandalkan materi dari dosen dan kurang percaya diri sehingga mahasiswa sulit melakukan penalaran dalam memahami konsep. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa melalui modifikasi model belajar kooperatif tipe Jigsaw pada mata kuliah Struktur Aljabar II di Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus. Subjek yang diamati dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa semester IV tahun ajaran 2016/2017 Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Dengan melakukan model pembelajaran yang memodifikasi model belajar kooperatif tipe Jigsaw diperoleh hasil tes pada siklus I sebesar 66.7% mahasiswa memperoleh nilai 80, sedangkan pada siklus II sebesar 77,8% mahasiswa memperoleh nilai ³ 80. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar II melalui modifikasi belaajr kooperatif tipe Jigsaw dan terjadi peningkatan keaktifan mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih aktif bertanya, mandiri dan lebih percaya diri.


Keywords


Model Belajar Kooperatif, Jigsaw, Struktur Aljabar

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aronson, Elliot, et al. 1978. Sage The jigsaw classroom. Oxford, England: 197 pp.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Hertiavi, dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 53-57, ISSN: 1693-1246. JAnuari

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Mappeasse, M. Yusuf. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 2, 2 Oktober 2009. Makassar

Nasution. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara

Pandya.2011. Interactive Effect of Co-operative Learning Model and Learning Goals of Students on Academic Achievement of Students in Mathematics. Mevlama International Journal of Education (MIJE), Volume 1, Issue 2; 27-34, December, 2011. India

Ridho, Nur. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. http://skp.unair.ac.id/repository/Guru-Indonesia/Modelpembelajarank_nurridho_10592.pdf diakses tanggal 9 September 2017

Usman, 2013. Model PBI untuk Mengembangkan Pemahaman Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah tentang Integral Tentu. Jurnal Peluang Volume 1, Nomor 2, April 2013, ISSN: 2302-5158. Aceh

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5032.%25p


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View JPM Stats


Indexed in: