CARA IDENTIFIKASI PENGETAHUAN PROSEDURAL DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA TERHADAP MATERI LIMIT

Budi Mulyono, Yaya S Kusumah, Rizky Rosjanuardi

Abstract


Limit merupakan materi utama dalam pembelajaran kalkulus yang telah dikenalkan dan dipelajari mahasiswa sejak jenjang sekolah menengah atas. Namun tidak sedikit mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami materi limit di tingkat awal perguruan tinggi. Seorang mahasiswa tidak hanya harus memiliki pengetahuan prosedural saja, namun juga perlu memiliki pemahaman konseptual tentang limit. Artikel ini membicarakan tentang cara mengidentifikasi pengetahuan prosedural dan pemahaman konseptual mahasiswa terhadap materi limit. Adapun metode yang digunakan untuk mengidentifikasi pengetahuan prosedural dan pemahaman konseptual tersebut adalah dengan memberikan tes kepada mahasiswa berupa soal-soal yang berkaitan dengan materi limit. Soal-soal tes tersebut didesain sederhana dengan tujuan untuk menghindari kesalahan yang muncul disebabkan oleh tingkat kesulitannya. Temuan hasil tes dengan soal-soal yang telah didesain tersebut menunjukkan bahwa terdapat mahasiswa dapat menyelesaikan soal-soal limit dengan baik secara prosedural, namun mereka memiliki permasalahan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pemahaman konseptual. Hal tersebut mungkin disebabkan pembelajaran tentang limit yang mereka dapatkan di jenjang sekolah menengah atas lebih berorientasi pada penyelesaian soal-soal limit secara prosedural saja.

Keywords


Limit, Pengetahuan Prosedural, Pemahaman Konseptual

Full Text:

PDF

References


Balka, Hull & Miles, H. (2017). What Is Conceptual Understanding?. Diambil dari www.mathleadership.com. diakses April 2017.

Jordaan, T. (2005). Misconceptions of The Limit Concept in a Mathematics Course for Engineering Students. Research Report Submitted in Part Fulfilment of The Requirements for The Degree of Master of Education–With Specialisation in Mathematics Education. University of South Africa.

Kumsa, A., Pettersson, K., & Andrews, P. (2017). Obstacles to students’ understanding of the limit concept. Paper presented at 10th Congress of European Research in Mathematics Education.

Liang, S. (2016). Teaching the concept of limit by using conceptual conflict strategy and Desmos graphing calculator. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2(1), 35-48.

Mulyono, B. & Hapizah. (2017 a). Does Conceptual Understanding of Limit Partially Lead Students to Misconceptions? J. Phys.: Conf. Ser. 895 012061.

Mulyono, B. & Hapizah. (2017 b). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Penyelesaian Soal-Soal Limit. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Mulyono. B. & Hapizah. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika KALAMATIKA, 3(2), 103-122. P-ISSN 2527-5615 E-ISSN 2527-5607.

Muzangwa, J., & Chifamba, P. (2012). Analysis of errors and misconceptions in the learning of calculus by undergraduate students. Acta Didactica Napocensia, 5(2), ISSN 2065-1430.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Purcell, Rigdon, & Varberg. (2006). Calculus. Pearson 9th Edition. ISBN-10: 0131429248

Tall, D. (1992). Students’ Difficulties in Calculus. Proceedings of Working Group 3 on Students’ Difficulties in Calculus, ICME-7 1992, Québec, Canada, 13–28. ISBN 2 920916 23 8.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6706.73-82


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: