PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN PMRI DAN LSLC

Iga Octriana, Ratu Ilma Indra Putri, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dan LSLC pada materi pola bilangan di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Palembang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pemberian soal tes berjumlah 3 soal yang berbentuk uraian, dan wawancara.  Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII.2 pada materi pola bilangan sudah banyak yang muncul meskipun masih ada siswa yang tidak memunculkan indikator kemampuan penalaran matematisnya. Indikator yang paling banyak muncul adalah indikator mengajukan dugaan pada soal nomor 1 dan indikator yang paling jarang muncul adalah indikator menarik kesimpulan logis  pada soal nomor 3.


Keywords


Penalaran Matematis; Pola Bilangan; PMRI; LSLC

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H. (2015). Efektifitas pendekatan realistik dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa di SMA Negeri 1 Tembilahan Inhil Riau. Jurnal Peluang, 4 (1).

Arifin. (2017). Penerapan model penemuan terbimbing pada lesson study pembelajaran materi transformasi berbantuan geogebra. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).

As’ari, dkk. (2017). Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester I Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud.

Diezmann, C. M., Watters, J. J., & English, L. D. (2002). Teacher behaviours that influenceyoung children's reasoning. In A. D. Cockburn & E. Nardi (Eds.). Proceedings of the 27th Annual Conference of the International Group for PME, 2, 289-296. Norwich, UK: PME.

Handayani, S., Putri, R.I.I., & Somakim. (2015). Pemanfaatan Lego pada Pembelajaran Pola Bilangan. Jurnal Didaktik Matematika. 2 (1), 21-32.

Johar, R., Zubaidah, T., & Mariana, N. (2016). Upaya guru mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic pada materi perkalian. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya. 10 (1), 96-113.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Marion., Zulkardi, & Somakim. (2015). Desain pembelajaran pola bilangan menggunakan model jaring laba-laba di SMP. Jurnal Kependidikan, 45 (1), 44-61.

Purwati, H., & Supandi. (2011). Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen melalui lesson study. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (2).

Rahmawati, K. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis MOODLE Sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII Sub Tema Kegiatan Ekonomi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, K.C.P., & Nurhidayah, D.A. (2014). Penerapan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Sari, N.I.P., Subanji, & Hidayanto, E. (2016). Diagnosis Kesulitan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan dan Pemberian Scaffolding. Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sato. (2014). Dialog dan kolaborasi di sekolah menengah pertama: prakter learning community. Jepang: JICA

Shadiq, F. (2004). Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam

Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika SMP Jenjang Dasar. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Suharta. (2003). Pendidikan matematika realistik indonesia (alternatif pembelajaran matematika yang berorientasi kurikulum berbasis kompetensi). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 36, 137-155.

Umami, F., Kusmayadi, T.A., & Suyono. (2013). Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan kontekstual berbasis lesson study pada materi bangun ruang sisi lengkung ditinjau dari gaya belajar siswa kelas IX MTs Negeri Kabupaten Madiun. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1 (4).

Widodo, M.S. (2014). Keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia (Mathedunesa), 3 (3), 125-130.

Zaini, A., & Marsigit. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (2), 152-163.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6714.131-142


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: