PELAKSANAAN PELATIHAN KETERAMPILAN JUMPUTAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN VOKASIONAL PAKET C PADA WARGA BELAJAR DI PKBM ATHREE KOTA PALEMBANG

Eka Aryani Safitri, Evy Ratna Kartika Waty

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan keterampilan jumputan dalam mengembangkan kemampuan vokasional paket C pada warga belajar di PKBM Athree Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ada 5 orang, yaitu ketua PKBM, tutor yang melatih pelatihan jumputan, dan tiga warga belajar. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pelatihan keterampilan jumputan yang dilakukan di PKBM Athree dalam mengembangkan kemampuan vokasional sudah berjalan dengan baik, dan pengelola sudah melakukan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pelatihan keterampilan jumputan yaitu faktor pendukung yang terdiri dari semangat pendidik dalam memberikan pembelajaran mengenai jumputan, dukungan secara materil dari pemerintah, fasilitas pelatihan yang cukup memadai, dan motivasi belajar warga belajar untuk mengikuti pelatihan cukup tinggi. Sedangkan untuk faktor penghambat meliputi warga belajar yang terlambat mengerjakan jumputan, peralatan pelatihan yang terbatas, dan waktu pelaksanaan yang singkat.

Kata Kunci: Pelaksanaan, keterampilan jumputan, vokasional.


Keywords


Pelaksanaan, keterampilan jumputan, vokasional.

Full Text:

PDF

References


Anjal, S. (2020). POLTABES (Program Layanan Tak Boleh Berhenti Sekolah Melalui Sekolah Anak Jalanan Dan Putus Sekolah Kota Palembang). Palembang: Disdik Kota Palembang. (https://portal.disdik.palembang.go.id, diakses 26 januari 2021).

Anwar. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ashari, A. Aziz. (2018). Implementasi Program Praktik Keagamaan Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa Jurusan IPS di MA Darul Huda Sumbermanjing Wetan Malang. Skripsi. Malang: FITK UIN Maulana Malik Ibrahim.

BPS. (2020). Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan. (sumsel.bps.go.id) diakses pada tanggal 28 Januari 2021.

Koswara, R. (2014). Manajemen Pelatihan Life Skill dalam Upaya Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Empowerment STKIP Siliwangi Vol 4 (1). https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p37-50.571.

Sihombing, U. (2000). Pendidikan Luar Sekolah Management Strategi. Jakarta: PD. Mahkota.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarto, J. (2012). Manajemen Pelatihan. Buku Ajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Wibowo, P. (2013). Keberlanjutan Kemitraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jurnal Pendidikan Humaniora Volume 1 Nomor 1. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v8i2.14525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats