PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MERAH PUTIH KOTA MAKASSAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini mengkaji Penyelenggaraan Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di PKBM Merah Putih Kota Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C Terkhusus pada Proses Pembelajaran Paket C Di PKBM Merah Putih Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C terkhusus pada proses pembelajaran Paket C Di PKBM Merah Putih Kota Makassar. Sumber data dalam penelitian ini meliputi 4 orang tutor di PKBM Merah Putih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di Jl. Baji Maccini No. 4/a Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Hasil penelitian yaitu keterlibatan pendidik/tutor, di PKBM Merah Putih sebelum memulai pembelajaran tutor melakukan persiapan dengan baik seperti Silabus dan RPP, menyiapkan bahan ajar, menggunakan metode dan pendekatan yang memudahkan warga belajar dalam memahami materi yang disampaikan. Keterlibatan warga belajar, Pelaksanaan pembelajaran warga belajar menyiapkan alat tulis yang digunakan untuk mencatat materi yang disampaikan oleh tutor. Dalam penyelenggaraan program kesetaraan di PKBM Merah Putih terlihat antusias warga belajar dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurikulum, di PKBM Merah Putih Kota Makassar dalam pelaksanaan program kesetaraan paket C terdapat mata pelajaran, jadwal dan ruangan belajar. Mata pelajaran yang diajarkan kepada warga belajar seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan PKN. Jadwal ditentukan oleh warga belajar dan tutor sedangkan ruangan belajar disiapkan oleh pengelola PKBM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, Waluyo. 2000. Buku Pegangan Perencanaan Pembelajaran.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Adi, Waluyo. 2000. Buku Pegangan Perencanaan Pembelajaran.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Arief S. Sadiman. dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Burhan Bungin. 2009. Analisis Penelitian Data Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo
Burhan Bungin (2011). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Depdiknas.2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti
Direktorat Pendidikan Kesetaraan. 2006. Pedoman Pengembangan Programkejar Paket A, B, dan C. Jakarta : Direktorat Pendidikan Kesetaraan
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Juliantoro, Dadang. 2000. 30 Tahun Cukup: Keluarga Berencana dan Hak Konsumen. Yogyakarta: PT. Penebar Swadaya.
Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Kegiatan Belajar Mengajar PKBM di Indonesia “Sebuah Pembelajaran dari KOMINKAN di Jepang”.
Kamil, Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal “Pengembangan Melalui PKBM di Indonesia”. Bandung: Alfabeta
Lexy J. Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Marzuki, Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Menteri Pendidikan Nasional. 2008. Standar Proses Pendidikan Kesetaraan, Program Paket A, Program Paket B dan Program Paket C. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.
Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia Nomor 14 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Siburian, Tiur Asi. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Pendidikan. Medan: Universitas Negeri Medan
Sihombing, Umberto. 2000. Pendidikan Luar Sekolah, Managemen Strategi: Konsep, Kiat dan Pelaksanaan. Jakarta: PD. Mahkota.
Sisdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.
S. Nasution. (1996). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.
Sudjana. 2003. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Peneliti. Bandung : Tarsito
Sudjana. 2004. Pendidikan Nonformal ”Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung, serta Asas” Bandung: Falah Production
Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.
Syaiful B. Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Zubaedi, 2006. Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v8i2.15789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats