PELATIHAN PENGUNAAN ALAT- ALAT LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PRAKTIKUM IPA-BIOLOGI BAGI GURU SMP DI KECAMATAN INDRALAYA UTARA, KABUPATEN OGAN ILIR
Abstract
Pemekaran wilayah Kabupaten Ogan Ilir menjadi beberapa kecamatan baru, menyebabkan terjadinya pemekaran di berbagai bidang / sektor, salah satunya di bidang pendidikan yaitu berdirinya sekolah-sekolah negeri yang baru sehingga sarana dan prasarana masih sangat kurang dan minim salah satunya ruang dan fasilitas alat-alat laboratorium IPA yang menyebabkan pelaksanaan proses pembelajaran sains IPA khususnya biologi belum terlalu dapat dioptimalkan dan hal ini dapat mempengaruhi pemahaman siswa dalam proses pembelajaran IPA. Oleh karena itulah Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan bertujuan mengoptimalkan potensi guru IPA sehingga dapat meningkatkan pemahaman, motivasi, kreatifitas guru dalam merancang, membuat dan menggunakan media pembelajaran yang ada di sekitar kita. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, demonstrasi dan praktek langsung di Laboratorium Zoologi dan botani Jurusan Biologi, FMIPA Unsri, yang telah dilaksanakan selama 6 jam waktu efektif dengan jumlah peserta 13 Guru IPA dari berbagai SMP Negeri di Kecamatan Inderalaya Utara. Metode evaluasi yang digunakan yaitu melalui sharing dan penilaian langsung melalui diskusi Antusiasme peserta dalam mengikuti pemberian materi dan praktikum, banyak tidaknya pertanyaan yang diajukan, melalui pre test dan post test, dan Nilai Kuantitatif feed back (umpan-balik) akhir melalui pengisian angket/ kuesioner peserta. Hasil yang diperoleh berdasarkan umpan balik yang diberikan peserta menunjukkan bahwa seratus persen (100%) atau semua peserta pelatihan mendapatkan hasil yang positif dan antusiasme yang luar biasa selama mengikuti kegiatan pelatihan. Penerapan transfer ilmu dari pelatihan PPM ini mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi guru guna meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mempelajari pelajaran IPA khususnya Biologi, hal ini ditunjukkan bahwa seratus persen (100%) ingin menerapkan hasil yang mereka dapatkan ke sekolahnya masing-masing.
Keywords
Guru IPA-Biologi SMP, Praktikum IPA, Kecamatan Indralaya Utara, Minimnya sarana dan prasarana sekolah
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37061/jps.v2i1.1556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Pengabdian Sriwijaya
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Kampus Universitas Sriwijaya
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km.32, Indralaya
Telepon: 0711-580074 Faximile: 0711-581058