RANCANG BANGUN ELECTRONIC COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) SEBAGAI SISTEM INFORMASI DALAM PENINGKATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNSRI

Mira Afrina, Ali Ibrahim

Abstract


Perpustakaan adalah bagian yang tidak terlepas dari mahasiswa, dimana sebagai tempat menyediakan literatur-literatur yang mendukung kegiatan perkuliahan. Selain mahasiswa, dosen sangat membutuhkan perpustakaan yang menyediakan literatur-literatur untuk mendukung pengajaran, penelitian dan pengabdian dosen terhadap masyarakat. Perpustakaan pada umumnya seperti gudang buku, di mana buku-buku, jurnal, hasil penelitian dan majalah berada di rak-rak yang tertata dengan sangat rapi. Sehingga untuk membacanya harus datang ke perpustakaan dan mencari buku yang diinginkan. Dengan perkembangan teknologi informasi, perpustakaan dituntut untuk menyediakan sumber-sumber informasi dalam bentuk elektronik. Pemanfaatan informasi dalam bentuk elektronik saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern masyarakat. Hal ini harus dilakukan untuk memenuhi tuntutan terhadap mutu layanan perpustakaan, resource sharing, mengefektifkan SDM, efisiensi waktu dan keragaman informasi yang dikelola. Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang menerapkann konsep E-CRM. Costumer Relationship Management (CRM) merupakan strategi untuk memperoleh, mengkonsolidasi, menganalisa data, untuk kemudian digunakan untuk berinteraksi dengan customer (pengguna perpustakaan: siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan masyarakat), dengan demikian akan tercipta suatu pandangan yang komprehensif terhadap customer dan hubungan yang lebih baik dengan customer. E-CRM merupakan CRM yang diterapkan secara elektronik dengan menggunakan web browser, internet dan media elektronik laiannya seperti: email, call center, sms gateway, chatt). Alat-alat yang digunakan untuk mendukung E-CRM adalah: (a) Personalized Web Page merupakan Web page, (b) FAQs, (c) Tracking Tools, (d) E-Mail dan Automated Response, (e) Help Desk atau Call Center, (f) Troubleshooting Tools.Kata Kunci: E-CRM, Digital Library, Sistem Informasi

Full Text:

629-644


DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v5i2.1267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SSN ONLINE      : 2355-4614

 

Recommended Tools

 

   

 

Indexing Sites

 

         Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

 

Statistics

 

Flag Counter

View My Stats