Penerapan Data Mart Penjualan Hypermarket XYZ Menggunakan Metode From Enterprise Models To Dimensional Models
Abstract
Data warehouse merupakan tempat penyimpanan data tunggal yang lengkap dan konsisten dengan karakteristik berorientasi subjek, terintegrasi, tidak volatil, dan bervariasi waktu yang dapat digunakan untuk mendukung keputusan, sedangkan Data mart adalah subset dari data warehouse yang mendukung kebutuhan informasi dari departemen atau fungsi bisnis tertentu. Hypermarket XYZ memiliki histori transaksi penjualan yang belum dimanfaatkan secara optimal sehingga akan sangat berguna jika data tersebut dapat dibuat menjadi suatu data mart. Metode pengembangan data mart ini menggunakan metode From Enterprise Models to Dimensional Models sebagai metode perancangannya dan Bottom Up Approach sebagai pendekatan dalam pengembangan data mart. Data mart ini dibangun dengan menggunakan oracle database dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dalam membuat user interface. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu data mart penjualan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data histori transaksi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah data mart penjualan yang menampung data histori transaksi dan menghasilkan suatu informasi yang berguna bagi pihak Top Management untuk mendukung proses pengambilan keputusan.
Key words : Data warehouse, data Mart, Bottom Up Approach, Oracle, PHP
Full Text:
503-515DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v4i2.1273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SSN ONLINE : 2355-4614
Recommended Tools
Indexing Sites