Penerapan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Penjualan Paket Lipstik
Abstract
Industri kosmetik telah mengalami perubahan besar selama pandemi COVID-19, dimana konsumen lebih memilih produk perawatan kulit daripada produk dekoratif seperti bedak, lipstik, dan parfum. Hal ini menjadi tantangan bagi PT Titian Citra Kharisma yang merupakan perusahaan bisnis yang bergerak di dalam bidang kosmetika untuk gesit dalam menentukan strategi yang tepat agar dapat terus bertahan. Saat ini semua transaksi penjualan lipstik Kamalia Lip matte tersimpan rapi dalam dokumen Microsoft Excel dan belum diolah menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan untuk meningkatkan omzet penjualan. Sehingga penelitian ini menerapkan metode association rule dengan algoritma Apriori untuk memberikan rekomendasi penjualan paket lipstik sesuai varian yang paling diminati oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menemukan dan memberikan rekomendasi paket lipstik untuk meningkatkan penjualan produk Kamalia Lip matte serta dapat membantu dalam pengelolaan stok produk. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak Weka. Algoritma Apriori menggunakan nilai minimum support sebesar 0,04 dan nilai minimum confidence sebesar 0,27. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari berbagai varian Kamalia Lip matte yang ada, terdapat 2 (dua) kombinasi item yang sering dibeli secara bersamaan oleh pelanggan yaitu: dengan confidence sebesar 28,16% jika membeli varian soft pink maka akan membeli varian soft brown; dan dengan confidence sebesar 31,10% jika membeli varian fierce red maka akan membeli varian soft pink
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v14i1.17219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SSN ONLINE : 2355-4614
Recommended Tools
Indexing Sites